“Data BPS Adalah Data Milik Publik…..”

SULTRALINE.ID, KENDARI – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra), Atqo Mardianto menegaskan, jika data BPS merupakan data publik yang dapat digunakan untuk mendukung pembangunan atau dimanfaatkan bagi siapapun untuk kepentingannya.

Penegasan ini disampaikan Atqo Mardianto saat membuka ‘Workshop Wartawan – Peningkatan Wawasan Statistik untuk Media Masa di Sultra’, Rabu ( 20/12/2017), di Aula Utama Kantor BPS Sultra.

“Dalam kinerjanya, BPS menjadi Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang turut menjalankan amanah Undang -Undang 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik,” papar Atqo.

Ia juga menjelaskan, secara data statistik, BPS melakukan pendataan untuk tiga sektor data yang dapat digunakan sesuai peruntukannnnya, yakni sektoral, dasar dan khusus.

“Data statistik dasar adalah statistik yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah maupun masyarakat, sedangkan statistik sektoral adalah statistik yang dapat dimanfaatkan instansi tertentu dan statistik khusus, data statistik dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan yang spesifik, seperti penelitian,” jelasnya.

Untuk mendukung pemanfaatan data BPS bagi masyarakat, lanjut Atqo, BPS secara rutin melakukan rilis data perkembangan ekonomi sebagai acuan masyarakat dalam melihat tumbuh kembang dunia usaha dan perkembangan ekonomi.

“Jadi yang dirilis tiap awal bulan tersebut merupakan data statistik dasar yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan dibantu rekan-rekan media dalam publikasinya,” ujarnya.

Atqo juga berharap, dengan dilaksanakannya Workshop Wartawan ini dapat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para wartawan dalam membantu BPS menyampaikan data statistik ke masyarakat atau publik.

“Semoga wawasan yang diterima dalam Workshop ini dapat meningkatkan kualitas berita dan informasi tentang data dan memahami fenomena dibalik angka statistik untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat,” pungkasnya.

 

Laporan: Taufik Quraiz Rahman

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.