Dorong Kakao Jadi Ikon Nasional, DRD Sultra Akan Kirim Rekomendasi ke Presiden

35 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SULTRALINE.ID, KENDARI – Dewan Riset Daerah (DRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong komoditas kakao asal Sultra menjadi ikon ekonomi daerah, hingga ke level internasional.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua DRD Sultra, Prof Andi Bahrun saat ditemui SULTRALINE.ID, disela Sidang Paripurna Daerah DRD Sultra, yang dirangkaikan seminar nasional bertema ‘Pengembang Kakao Berbasis Inovasi Untuk Mendukung Kemandirian dan Daya Saing Daerah’.

“Tanaman Kakao merupakan komoditi unggulan Pulau Sulawesi, khusus Sultra, karena kakao terbesar di Indonesia saat ini berada di Sultra. Sehingga diharapkan kakao dapat menjadi mesin ekonomi Indonesia kedepannya,” kata Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) ini di ruang seminar, Selasa (5/12/2017).

Ia juga menjelaskan, output kegiatan ini yakni rekomendasi kepada Pemerintah Daerah dan Menteri Pertanian untuk bagaimana tanaman kakao bisa menjadi ikon daerah dan nasional.

“Bahkan kita akan sampaikan jika perlu kepada Bapak Presiden Republik Indonesia agar Kakao dapat menjadi sumber ekonomi Indonesia sebagai penghasil kakao terbesar di Dunia,” ungkapnya.

Olehnya itu, kata Prof Andi Bahrun, untuk mendukung rekomendasi tersebut, pihaknya mengundang sejumlah pemateri berkualitas untuk memberikan masukan dan gagasa. Pemateri tersebut seperti dari, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang berkaitan dengan Pemasaran, untuk memberikan gambaran soal pasar Amerika dan Eropa.

Selain itu, hadir juga pemateri dari Kemenristekdikti yang membahas masalah Inovasi, juga ara peneliti yang telah ahli di bidang penelitian Kakao.

“Semua yang hadir sebagai pemateri maupun peserta adalah mereka yang betul – betul selama ini sudah lama berkecimpung di dunia perkakaoan,” pungkasnya.

 

Laporan: Nasir, Hardianti Hamiun

Editor: Taufik Quraiz Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *