Sel. Mar 9th, 2021

Tingkatkan Gairah Petani Cokelat, F-PPP USN Kolaka Ikuti Program Cocoa Life

1 min read
img_20210222_192459_217

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Sebagai upaya peningkatan gairah petani cokelat di kabupaten kolaka dan kolaka timur, fakultas pertanian, perikanan, peternakan (FPPP) universitas sembilanbelas november (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal ikuti program cocoa life yang diprakarsai lembaga Mondelez Indonesia dan Wahana Visi Indonesia.

Program cocoa life ini akan melakukan binaan terhadap petani cokelat tanah air khususnya di Kolaka. Program tersebut bertujuan membina dan mensejahterakan petani kakao serta merangkul komunitas setempat, sehingga keterlibatan FPPP USN kolaka dirasa penting apalagi kolaka dikenal kaya akan hasil cokelatnya.

Sebelum menjalin kerjasama pihaknya terlebih dahulu menjalin komunikasi, seperti yang terlihat hari ini, Selasa 16 Februari 2021, Dekan F-PPP Ir. Syahrir Sahaka, MP, Didampingi Wakil Dekan 1 Muhtar Amin, Sp., M.Si, Wakil Dekan 2 Dr.Marlina Mustapa, Sp., MP, Kaprodi. Agribisnis Nursalam, Sp., M.Si/ dan Pranata Humas Rahman Syawal, S.Pd., MM, di salah satu warung kopi di Kolaka.

Usai pertemuan, dekan F-PPP USN Kolaka, Ir. Syahrir sahaka, MP menjelaskan bahwa dalam program cocoa life ini pihaknya akan memberikan pendampingan ke petani dengan melibatkan dosen dan mahasiswa.

Menurutnya dijadwalkan penandatangan nota kesepahaman atau MoU di awal Maret, terlebih dengan adanya kerja sama ini nantinya akan meningkatkarkan kemajuan kampus dan  memberikan pengabdian kepada masyarakat khususnya petani cokelat.

“Ini juga bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah dan mengembangkan ilmunya yang telah didapat dibangku kepada masyarakat, yang nanti ini juga bisa digunakan dalam penyusunan tugas akhir kuliah,” terangnya.

Untuk diketahui, sejak tahun 2014, cocoa life telah membina petani cokelat di empat provinsi; yakni sumatera barat, lampung, sulawesi selatan, dan sulawesi tenggara. Hingga kini, terdapat 37.600 petani yang dibina dalam program tersebut.

Dalam program ini petani diberikan pembinaan mulai dari pemberian bibit unggul, teknik panen, pemanfaatan lahan, merawat, hingga memberikan pelatihan untuk menunjang penghasilan tambahan, edukasi pengelolaan keuangan, perlindungan anak, kesetaraan gender, dan program pemberdayaan perempuan.


Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion