Jum. Agu 14th, 2020

Semarak Idul Adha 1441 H, Rektor dan Sivitas Akademika USN Kolaka Berbagi Paket Qurban Makanan Siap Saji ke Warga

1 min read
img_20200802_092029

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Walau masih ditengah pandemi covid-19, tak menyurutkan semangat umat muslim memperingati hari raya Idul Adha 1441 hijriah, seperti yang diperlihatkan Rektor dan sivitas akademika universitas sembilanbelas november (USN) kolaka yang tetap berusaha untuk berbagi terhadap sesamanya dan USN tetap peduli serta bergerak untuk kemanusiaan dengan membagikan daging qurban kepada warga kaum dhuafa yang ada di Kolaka, Sabtu 1 agustus 2020

Dimana, Rektor USN Kolaka Dr Azhari secara pribadi menyembelih 2 ekor sapi dan beberapa kambing yang dipotong dikediamannya. Sedangkan lingkup sivitas akademika setidaknya ada 7 ekor sapi untuk pemotongannya dilakukan di dua lokasi yakni kampus lama yang terletak Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka dan di kampus baru yang berada di desa Popalia, Kecamatan Tanggetada.

Dalam pembagian daging qurban berbeda dengan tahun sebelumnya, jika tahun-tahun sebelumnya yang dibagikan daging mentah/ namun untuk tahun ini daging yang dibagikan telah dimasak atau siap saji, sehingga warga tak perlu repot lagi untuk memasaknya tinggal menyantap bersama keluarga

Dr Azhari saat dijumpai dikediamannya mengatakan, dirinya secara pribadi menyiapkan 1000 paket daging qurban siap saji yang dibagikan langsung ke rumah warga yang layak mendapatkannya. Langkah ini diambil mengingat kondisi saat ini masih ditengah pandemi Covid-19. Dalam pembagiannya juga Rektor dibantu Komunitas MRI-ACT Kolaka.

“Sejak kemarin sampai hari ini sudah 1000 paket, sementara itu untuk di USN kan ada 7 Ekor yang dipercayakan ke Fakultas masing-masing yang akan dibagikan jika kita total semua sekitar 2500 paket,” terang.

Sementara itu ditempat, terpisah dri pantauan sultraline di kampus USN Kolaka, beberapa sivitas akademika mulai bergerak sejak pagi yang terlebih dahulu memotong sapi kemudian setelah dipotong pihaknya memasak secara bergotong royong setelah jadi pihaknya akan membagikan ke warga dan sebagian akan dimakan secara bersama seluruh sivitas akademika USN Kolaka.

(Rektor USN Kolaka, Dr Azhari)
(Rektor USN Kolaka, Dr Azhari)

Pihak kampus yang dijumpai Heni Sukmawati dan Sari Sartika menuturkan untuk pembagiannya tidak memakai kupon akan tetapi dipercayakan ke fakultas masing-masing dalam hal ini pengurus BEM yang telah mendata siapa saja yang berhak mendapatkan daging qurban ini yang diprioritaskan untuk kaum dhuafa.

“Jadi kami hanya memasak yang kemudian untuk pembagiannya dipercayakan di masing-masing BEM yang memang telah di data,” kata Heni Sukmawati selaku Kasubag rumah tangga dan badan milik negara.

Ditambahkan pula, dengan momen hari raya Idul Adha ini bukan saja berbagi tetapi juga bisa mempererat silaturahmi antar sesamanya.

“Kami berharap pandemi Covid-19 bisa berakhir dan kita bisa terus saling berbagi kepada sesamanya,” pungkas Sari Sartika selaku unit BAKPK bagian staf kemahasiswaan

Sekedar informasi idul adha atau biasa juga disebut idul qurban, dimana ibadah qurban adalah syariat yang diajarkan oleh nabi Ibrahim As. Ia mengorbankan anaknya, ismail As, namun Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba.

Hukum menjalankan ibadah qurban ini sunah. Sebagaimana yang di riwayatkan dalam hadits tirmidzi, Rasulullah Saw bersabda, “saya diperintah untuk menyembelih qurban dan qurban itu sunah bagi kamu.”

Laporan : Sri

5 thoughts on “Semarak Idul Adha 1441 H, Rektor dan Sivitas Akademika USN Kolaka Berbagi Paket Qurban Makanan Siap Saji ke Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *