Jum. Agu 14th, 2020

Rayakan Idul Adha 1441 H, PPP Sultra Berbagi Daging Qurban ke Warga Kendari

1 min read
img-20200731-wa0078

SULTRALINE.ID, KENDARI – Kumandang takbir terdengar, menandakan hari raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah atau  yang jatuh 31 Juli 2020, membuat jutaan umat muslim menyambut dengan penuh suka cita. Begitu pula dirasakan umat muslim di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Idul Adha yang biasa juga disebut Idul Qurban membuat warga yang mampu membagikan sedikit rezeki dengan menyembelih hewan qurban.

Seperti yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) merayakan hari raya Idul Adha dengan membagikan ratusan paket kantung daging qurban bagi masyarakat kurang mampu di kota Kendari.

Prosesi pemotongan pun dilakukan usai melaksanakan sholat ied. Ketua DPW PPP Sultra, Abdul Rasyid Syawal saat dijumpai di Kantor DPW PPP Sultra mengatakan, pembagian daging qurban ini merupakan tradisi tiap tahun saat lebaran iduladha tiba. Pemotongan sapi kurbannya pun selalu dilakukan di kantor sekretariat partai berlambang Ka’bah itu.

Menurutnya, Kegiatan DPW berbagi ini sudah jadi tradisi tiap tahun, tujuannya untuk mau berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu. Apalagi disaat krisis saat ini, banyak masyarakat yang terkena dampak akibat pandemi covid-19,

“Agar tidak menimbulkan kerumunan pada saat mendiskusikan daging ini, kami telah mengatur dua metode pembagian dimana seluruh pengurus partai kami kerahkan guna memastikan daging ini bisa sampai kepada penerimanya,” ujarnya.

Lanjut ia, ada dua metode, pertama diambil sendiri dengan menukarkan kupon, kedua kami antarkan kerumah penerimanya sesuai data yang sudah ada.

“Semoga apa yang kita bagikan bisa bernilai ibadah dan daging nya bisa dinikmati masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Aden warga asal Kemaraya yang menerima daging qurban, mengaku sangat bersyukur sehingga bisa menyantap daging bersama keluarga di rumah.

“Alhamdulillah, lebaran ini kami bisa menyantap daging juga. Jarang sekali kita makan daging sekali setahun, kami sangat gembira,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Ibadah qurban adalah syariat yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS. Ia mengorbankan anaknya, Ismail AS, namun Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba.

Hukum menjalankan ibadah qurban ini sunah. Sebagaimana yang di riwayatkan dalam hadits Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Saya diperintah untuk menyembelih qurban dan qurban itu sunah bagi kamu.”

Laporan : TIM

4 thoughts on “Rayakan Idul Adha 1441 H, PPP Sultra Berbagi Daging Qurban ke Warga Kendari

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *