Sab. Jan 23rd, 2021

KNPI Sultra Apresiasi Langkah Pemda Mubar, Menggratiskan Seragam SD dan SMP

1 min read
IMG_20171207_183129_wm

SULTRALINE.ID, KENDARI – Wakil ketua KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bidang partisipasi pembangunan dan otonomi daerah Arwah, S.Sis, M Si, mengapresiasi langkah Bupati Muna Barat (Mubar) untuk menggratiskan pakaian seragam bagi siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Ini bisa menjadi contoh buat daerah lain di Sultra. Karena memang itu merupakan perintah konstitusi,” Ungkap Arwah saat ditemui SULTRALINE.ID, kamis (7/12/2017)

Sebelumnya Pemerintah daerah (Pemda) Muna Barat melalui dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbub) bakal menggratiskan seragam  sekolah bagi siswa tingkat SD dan SMP pada tahun ajaran 2018/2019 mendatang. Sebagai bukti bagian dari visi-misi Bupati LM. Rajiun Tumada ketika berkampanye pada Pemilihan Bupati Februari lalu. Dengan mengalokasikan anggaran yang disiapkan Pemda Mubar sekitar Rp 1,7 Miliar.

Menurut Arwah yang juga Putra asli Mubar ini, langkah Pemda Mubar Sebagaimana dalam Pasal 31 UUD 1945 ayat (1) bahwa Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Dan ayat (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Berdasarkan pasal ini maka tidak ada alasan buat pemerintah, baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah untuk tidak memberikan pelayanan pendidikan secara gratis.

“Kami dari KNPI Provinsi Sultra, Insya Allah akan membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi dan beberapa pemerintah daerah kabupaten/kota di Sultra yang belum meenjalankan amanah konstitusi ini agar ke depan bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan pemerintah daerah Muna Barat dalam memberikan pelayanan pendidikan gratis,” Pungkas yang juga Dosen UHO ini

Laporan : Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

€sl Promotion

€sl Promotion