Sab. Jun 19th, 2021

Wujudkan Kota Layak Anak, Pemkot Kendari Jalani VLA Evaluasi KLA 2021 Secara Daring

1 min read
fb_img_1623239462351

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari menjalani Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bappenas, dan Tim Independen secara Daring melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, SE., ME, dan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari, Forkopimda, dan Ketua TP-PKK Kota Kendari di Media Center Rujab Wali Kota Kendari Rabu (9/6/2021).

Wali Kota Kendari mengungkapkan bahwa tujuan Pemkot Kendari mengikuti kegiatan VLH Evaluasi KLA ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan predikat dari Kementerian PPPA RI saja, namun bagaimana anak-anak di Kota Kendari sebagai generasi penerus mendapatkan haknya, seperti tempat tinggal yang layak, ruang dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mereka tumbuh dan berkembang, serta yang terpenting adalah bagaimana Pemkot Kendari dapat memberi ruang bagi anak-anak agar mereka dapat mengembangkan bakat dan minat mereka, sehingga mereka bisa mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.

“Predikat ini merupakan hal yang penting. Karena bagi kita penilaian ini adalah penuntun bagi kita, bahwa yang kita lakukan adalah hal yang benar, artinya kita sudah mengarah ke hal yang tepat. Tapi hal itu bukan satu-satunya orientasi kita dalam melakukan verifikasi ini. Yang terpenting adalah bagaimana kita menghadirkan kota layak anak dimana mereka mendapatkan hak-hak mereka agar dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki di Kota Kendari”, terangnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Tim Verifikator memberi apresiasi terhadap Pemkot Kendari karena telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Meskipun demikian, masih ada sejumlah catatan yang disampaikan oleh Tim Verifikator seperti peningkatan jumlah sekolah ramah anak dan kelurahan ramah anak. “Kami menilai dari hasil sementara bahwa Kota Kendari masih memiliki nilai lebih dan berpotensi memperoleh predikat yang lebih baik dibandingkan kota lainnya yang telah kami verifikasi selama dua pekan belakangan”, pungkasnya.

€sl Promotion

€sl Promotion