Jum. Sep 18th, 2020

USN Kolaka Kembali Buka Penerimaan Maba Jalur Mandiri untuk 16 Prodi

1 min read
img_20200914_154445

SULTRALINE.ID, KENDARI – Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Sulawesi Tenggara, universitas sembilanbelas november (USN) Kolaka kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (Maba) jalur mandiri tahap dua, mulai tanggal 9 sampai 19 september 2020.

Hal itu diungkapkan, Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu disela-sela kesibukannya, Senin (14/9/2020).

“Penerimaan maba jalur mandiri tahap dua ini merupakan arahan rektor usn kolaka setelah melihat jumlah mahasiswa baru yang tersebar di 30 program studi (prodi) ada beberapa prodi yang belum mencukupi kuotanya, sehingga ada 16 prodi dibuka kembali,” ungkapnya.

(Wakil Rektor bidang akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu)
(Wakil Rektor bidang akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu)

Adapun prodi yang dibuka kembali yakni agroteknologi, ilmu pembangunan, ilmu kelautan, ilmu perikanan, kimia, matematika, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan bahasa indonesia, pendidikan biologi, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan matematika, peternakan, teknik mesin, teknik perkapalan, serta teknologi hasil pertanian.

Prof. Ruslin Hadanu pun mengajak para pelajar yang telah lulus jenjang sma untuk mendaftarkan diri, terlebih pembukaan kembali penerimaan maba ini atas banyaknya permintaan masyarakat, ditambah lagi keterlambatan waktu dikarenakan situasi pandemi covid-19 yang masih terjadi/ kemudian ini juga untuk meningkatkan jumlah mahasiswa di prodi tersebut.

“Kami juga guna memperluas dan mempermudah akses pendidikan di Bumi Anoa, USN Kolaka tidak menerapkan uang pangkal bagi maba 2020, selain itu USN kolaka juga menerapkan uang kuliah tunggal (ukt) rendah bagi mahasiswa dan kita salah satu PTN yang menerapkan UKT rendah,” pungkasnya.

Sekedar Informasi, jalur mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru di ptn yang diselenggarakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Jalur penerimaan yang satu ini merupakan pilihan alternatif bagi kamu yang tidak lolos jalur snmptn atau sbmptn. Mekanisme seleksinya mirip dengan snmptn atau sbmptn, yakni meliputi tes kemampuan dasar, tes potensi akademik, dan tes kelompok saintek atau soshum. Namun, materi ujian yang disajikan beragam karena soal-soal ujian murni dikembangkan oleh pihak PTN masing-masing.

Laporan : Sri