Sab. Mei 15th, 2021

USN Kolaka Gelar Syukuran Sederhana Atas Penegerian Yang Telah Masuki Usia Ke 7 Tahun

1 min read
img-20210405-wa0040

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Universitas sembilanbelas november (USN) Kolaka menggelar syukuran sederhana atas penegerian usn kolaka yang telah memasuki usia ke tujuh tahun, di auditorium usn kolaka, senin 5 april 2021.

Acara syukuran dies natalis ke-7 ini dihadiri oleh rektor, wakil rektor, dekan, dosen, mahasiswa dan sivitas akademika lainnya, yang tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.

Dalam sambutannya, Rektor USN Kolaka, Dr Azhari bercerita perjalanan panjang yang dulunya masih swasta bernama sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP) 19 nopember kolaka yang didirikan pada tahun 1984 dan dikelola oleh yayasan pembangunan pendidikan indonesia kolaka (yappika) dengan akta notaris nomor 23 tanggal 16 april 1984. Berubah status dari stkip 19 nopember kolaka menjadi universitas 19 november kolaka berdasarkan surat keputusan mendiknas nomor: 76/d/o/2005 tanggal 8 juni 2005. Kemudian universitas 19 november kolaka berubah menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan peraturan presiden republik indonesia nomor 22 tahun 2014 tanggal 4 april 2014 dengan nama universitas sembilanbelas november kolaka.
Ia juga bercerita awal-awal pihaknya menerapkan biaya SPP sebesar 250 ribu rupiah, kemudian beberapa tahun ditingkatkan menjadi 750 ribu rupiah kemudian di tahun 2007 sampai 2009 kisaran SPP mencapai satu jutaan lebih, kemudian dari 2010 sampai menuju penegerian SPP itu mencapai 1,5 juta sampai 2 jutaan rupiah, dengan jumlah mahasiswa pada saat itu sudah mencapai 1500an mahasiswa.

Berkat kerja keras semua pihak akhirnya usn kolaka bisa menjadi perguruan tinggi negeri hingga sampai saat ini yang diusia 7 tahun, dan alhamdulliah sekarang kampus USN Kolaka semakin lebih baik lagi dan diharapkan bisa terus berkembang sesuai visi misi kampus kedepannya.

Dimana visi USN Kolaka pada tahun 2039 menjadi perguruan tinggi yang masuk dalam nominasi perguruan tinggi terbaik di kawasan asean, dengan misi ada empat yaitu memperkuat usn sebagai kampus berbasis teknologi informasi dalam pengelolaan akademik dan manajemen tatakelola organisasi, dibentuk pusat penelitian, informasi dan teknologi yang baik dan mandiri/meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat khususnya di bidang pertambangan, peternakan, perikanan, dan kelautan/mengaplikasikan hasil-hasil penelitian secara luas melalui pengabdian kepada masyarakat dan melaksanakan program pendidikan vokasi, pendidikan pascasarjana S2/S3, dan pendidikan profesi.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh rektor yang dimana potongan pertama diberikan kepada istrinya yang juga ketua dharma wanita persatuan USN Kolaka, ibu Umi Nuronah Azhari, disinilah momen haru terlihat dimana rektor terharu mengingat istrinya yang selama ini membantu perjalanan karirnya membangun USN Kolaka hingga seperti saat ini.

Saat diwawancarai, Umi Nuronah Azhari, menceritakan sosok rektor usn kolaka seorang suami yang relijius, memiliki semangat dan tekat yang kuat, selama perjalanan hidup hingga seperti sekarang ini. Menurutnya banyak suka duka yang telah yang dilalui, namun berkat ketabahan dan berserah diri kepada tuhan semua bisa dilalui dengan baik.

img-20210405-wa0002
Ia juga menceritakan, kepedulian yang dimiliki rektor yang mana ketika melihat orang tidak mampu ia selalu ingin membantunya.

Sementara itu Rektor USN Kolaka, Dr Azhari mengatakan selama ini pt antam telah banyak membantu usn kolaka sejak swasta hingga negeri saat ini berupa beasiswa, olehnya itu berharap ini bisa terus dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa.

Sementara itu para mahasiswa USN Kolaka yang dijumpai, melihat di usia saat ini USN Kolaka banyak perubahan dan kemajuan, terlebih sosok rektor yang humanis dekat dengan semua mahasiswa/ dan selama berkuliah mereka mengaku selalu diberi kemudahan.

Apalagi kata mereka berharap USN Kolaka semakin maju lagi dan tetap memberikan warna untuk pendidikan di Sultra.

Di acara dies natalis ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hasil lomba tanam bunga toga di setiap fakultas dan acara ditutup dengan permainan bulutangkis oleh sejumlah atlet yang akan mengikuti lomba karang taruna tingkat provinsi.

Untuk diketahui, saat ini usn kolaka terus membangun fasilitas pendidikan dimana telah rampungnya kampus baru yang berada di desa Popalia, Tanggetada dan adanya Kampus B di Buton Tengah.


Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion