Sel. Mar 9th, 2021

Selamat, 3 Prodi di USN Kolaka Siap Ikuti PKKM 2021

1 min read
img_20210204_191144_674

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Tiga program studi di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bersiap mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diselenggarakan direktorat jenderal pendidikan tinggi (Ditjen Dikti) kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI tahun 2021, ketiga prodi tersebut yakni prodi agribisnis, Prodi peternakan dan prodi pendidikan bahasa Indonesia.

Dari pantauan sultraline.id, guna menghadapi PKKM 2021 ini USN Kolaka melakukan rapat pembahasan dan finalisasi draft proposal pada rabu 3 februari, nantinya proposal akan diajukan dalam waktu dekat ini

Terlihat rapat dipimpin langsung ketua gugus tugas pelaksanaan PKKM USN Kolaka, Sarmadan dan Sekretarisnya kamaruddin serta dihadiri langsung wakil rektor bidang akademik, Prof Ruslin Hadanu dan jajaran pimpinan prodi yang akan mengikuti PKKM 2021.

Usai rapat, ketua gugus tugas pelaksanaan PKKM USN Kolaka, Sarmadan, menjelaskan rapat hari ini membahas proposal yang telah disusun agar sesuai persyaratan yang diberikan oleh pusat serta memperhatikan standar-standar yang ada khususnya kriteria indikator kinerja utama yang terdiri delapan buah seperti kualitas mahasiswa, kualitas dosen serta kualitas pembelajaran dan inovasi.

“Yang pasti tadi kita memastikan kelengkapan persyaratan dalam mengikuti PKKM 2021 ini,” ujarnya.

(Suasana rapat dan finalisasi proposal guna mengikuti PKKM 2021)
(Suasana rapat dan finalisasi proposal guna mengikuti PKKM 2021)

 

Disinggung tentang kampus merdeka, menurutnya USN Kolaka tidak hanya merencanakan tapi sudah melakukan kampus merdeka pada tahun 2020 dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa tanah air nusantara dengan sistemati kredit dengan teknologi informasi yang sukses diikuti.

“Jadi kehadiran kampus merdeka sendiri memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendiikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi vang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai, seperti bisa mengambil mata kuliah yang relevan dengan prodinya yang akan ditempuh dikampus lain yang telah menerapkan kampus merdeka,” paparnya.

Ia menambahkan kenapa cuma tiga prodi, menurutnya dari dari 30 prodi yang ada di USN, awalnya ada 12 yang bisa mengikuti namun terkahir hanya tiga prodi yang memenuhi persyaratan.

“Sebenarnya 12 prodi namun mendekati akhir penginputan proposal cuma 3 Prodi yang siap, karena semua harus dilengkapi persyaratannya,” tambahnya.

Senada dengan itu sekretaris gugus tugas pelaksanaan PKKM USN Kolaka. Kaamaruddin mengatakan kesiapan semua prodi sudah mencapai 90 persen dan saat ini semua tengah kerja maksimal guna mengirimkan kelengkapan yang dibutuhkan ke pusat PKKM ini.

Ia menambahkan USN Kolaka siap mengikuti program permata merdeka 2021 sebagai ikon dari kampus merdeka yang secara online dan diharapakan kedepan semakin banyak prodi di USN yang ikuti PKKM.

“Tentunya kita berharap kedepannya makin banyak prodi di USN yang akan mengikuti PKKM ini, apalagi kita sejak tahun sudah masuk kampus merdeka dengan mengikuti program yang bagian dari kampus merdeka,” tutupnya.

Untuk diketahui, program kompetisi kampus merdeka (PKKM) pada tahun anggaran 2021. Program ini menjadi salah satu cara untuk mempercepat pencapaian 8 (delapan) indikator kinerja utama (IKU) sebagaimana pada keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 754/p/2020 tentang indikator kinerja utama perguruan tinggi negeri dan lembaga layanan pendidikan tinggi di lingkungan kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2020.

Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion