Sab. Mei 15th, 2021

Sambut Hari Bumi, Instalaseta FKIP UHO Akan Adakan Penanaman Pohon dan Open Donasi Sampah

1 min read
img_20210419_161818_324

SULTRALINE.ID, KENDARI – Dalam menyambut Hari Bumi (Earth Day) yang jatuh 22 April 2021, Insan Pencinta Alam Semesta (Instalaseta) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari akan mengadakan gerakan penanaman pohon dan open donasi sampah. Langkah ini upaya menjaga kelestarian lingkungan.
Ketua panitia kegiatan, Syarifudin mengatakan maksud kegiatan ini adalah memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan dikalangan masyarakat pada umumnya, yang bertujuan untuk membentuk kepribadian masyarakat agar peduli terhadap lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

“Alhamdulillah persiapan sudah 90 persen, kegiatannya akan kami laksanakan pada 21 sampai 22 April 2021, dimana pembukaannya akan dilaksanakan pada Rabu, 21 April 2021 yang direncanakan akan dibuka Dekan atau Wakil Dekan FKIP yang akan dirangkaikan dengan buka puasa bersama,” katanya saat ditemui di Sekretariatnya, Senin (19/4/2021).

“Kemudian esok harinya atau di hari H, kita akan menanam pohon setelah itu akan dilanjutkan dengan open donasi sampah yang akan dipusatkan di Tugu Religi Kendari atau eks MTQ yang dimana kami bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendari, yang nanti kami mengajak warga agar mengumpulkan sampah yang kemudian menyetor ke kami karena bertepatan bulan puasa warga yang mendonasikan sampahnya akan di berikan takjil,” sambungnya.

Senada dengan itu, Ketua umum Instalaseta FKIP UHO, La Ode Muh. Alamsyah mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir untuk hadir di acara puncak.

“Kami juga mengundang pihak BKSDA Sultra, sejumlah Pencinta Alam, Komunitas Pencinta, organisasi internal maupun eksternal kampus, serta masyarakat Kota Kendari,” ucap Alamsyah.

“Kita berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses, sehingga lingkungan kita bisa tetap terjaga dengan baik yang penting itu kami mengajak warga khususnya warga Kota Kendari untuk tidak membuang sampah disembarang tempat, sehingga lingkungan kita tetap bersih dan nyaman,” pungkasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan data dari Wikipedia, Hari Bumi adalah acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia pada 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret. Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).


Laporan : IJ

€sl Promotion

€sl Promotion