Sab. Jun 19th, 2021

Momen Upacara HUT Kota Kendari ke 190 yang Dirangkaikan dengan Peluncuran Mobil Listrik

1 min read
fb_img_1620641456393

SULTRALINE.ID, KENDARI – Minggu 9 Mei 2021, Kota Kendari telah genap berusia 190 Tahun. Untuk itu, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Pemerintah Kota Kendari menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke 190 Tahun yang bertajuk “Momentum Memberdayakan Keunggulan Daerah” di Pelataran Rujab Wali Kota Kendari.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME mengatakan bahwa memasuki usia 190 tahun, Kota Kendari mengalami kemajuan yang signifikan diberbagai sektor pembangunan, baik sosial ekonomi maupun budaya. Beberapa pembangunan di Kota Kendari yang sedang dalam proses pelaksanaan, yaitu pembangunan peningkatan kualitas infrastruktur PDAM Kota Kendari, pembangunan jalan Inner Ring Road, penataan dan Pengurangan Kawasan Kumuh, penataan wisata kawasan teluk, peningkatan ruang terbuka hijau, pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan, peningkatan cakupan penerangan jalan umum dan lingkungan, penanganan banjir, pemberian bantuan sosial dan jamkesda pada masyarakat miskin, pembangunan dan peningkatan Ruang Kelas Belajar (RKB), pemberdayaan UMKM, dan investasi daerah.

Dirinya menyadari bahwa semua capaian-capaian tersebut tidak lepas dari dukungan dan kerja sama antara Pemkot Kendari dengan masyarakat. “Penghargaan juga saya berikan kepada segenap warga Kota Kendari yang telah memberikan kontribusi nyata sehingga berbagai program kegiatan fisik maupun sosial dapat berjalan sesuai dengan arah kebijakan pembangunan yang ditetapkan dalam visi misi pembangunan yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi”, ungkapnya.

(Walikota Kendari, H Sulkarnain Kadir saat mengendarai mobil listrik usai diluncurkan yang bertepatan dengan HUT Kota Kendari ke 190)
(Walikota Kendari, H Sulkarnain Kadir saat mengendarai mobil listrik usai diluncurkan yang bertepatan dengan HUT Kota Kendari ke 190)

 

Usai Upacara berlangsung, Pemerintah Kota Kendari meluncurkan 1 unit mobil listrik berbasis baterai sebagai kendaraan operasional. Peluncuran mobil listrik ini perdana di Indonesia, mengingat Sulawesi Tenggara sebagai daerah penghasil bahan baku baterai lithium yakni nikel. Penggunaan mobil listrik akan secara bertahap diberlakukan untuk mengganti semua kendaraan dinas (randis) kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Kendari. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi misi Kota Kendari sebagai daerah layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi.

“Kebijakan Pemkot Kendari ini diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini, sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan melalui lingkungan hidup yang berbasis polusi dan ramah lingkungan”, pungkasnya.

€sl Promotion

€sl Promotion