Sab. Mei 15th, 2021

Hugua Sosialisasi 4 Pilar ke Kaum Milenial Terkait Tantangan di Era 4.0

1 min read
img_20210502_214058_478

SULTRALINE.ID, KENDARI – Di momen Ramadhan ini, Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ir. Hugua menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ke kaum milenial yang mayoritas Mahasiswa, di salah satu Warkop di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu, 2 Mei 2021.

Sosialisasi ini mengusung tema “Tantangan 4 Pilar Kebangsaan di Era 4.0” dengan menghadirkan narasumber dari Akademisi yakni Najib Husain selaku Dosen di Universitas Halu Oleo.

Hugua mengatakan sengaja mengangkat tema tersebut mengingat perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat dengan hadirnya industri 4.0 di tengah-tengah masyarakat, ditambah lagi nilai-nilai Pancasila mulai tergerus karena adanya arus modernisasi, komunikasi dan informasi yang semakin cepat.

“Selain itu juga sistem pendidikan, dan penyuluhan termasuk diskusi yang berkaitan dengan pendalaman nilai-nilai 4 pilar kebangsaan kian hari juga mulai berkurang, sehingga sosialisasi ini sangat penting kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, tetapi ada kesengajaan yang terjadi pasca era reformasi yang sudah puluhan tahun ini, sehingga Negara harus betul-betul memberikan informasi, komunikasi menyentuh di enam emosi yakni bahagia, sedih, jijik, takut, terkejut dan marah, agar butir-butir Pancasila benar-benar tertanam kepada mereka,” papar Anggota DPR RI dapil Sultra ini.

Mantan Bupati Wakatobi dua periode ini  menambahkan bahwa dengan menyentuh enam emosi tersebut sehingga masyarakat menjadi toleran karena 80 persen kesuksesan seseorang berasal dari kejiwaan dan 20 persennya ditentukan masalah teknis.

Lanjut ia, dengan itu semua ia meyakini bangsa Indonesia tetap bertahan dengan perekatnya 4 pilar kebangsaan.

“Jadi tantangan di era 4.0 bisa kita hadapi dengan menguatkan dan menjaga 4 pilar kebangsaan ini karena semua aspek kehidupan sudah terkandung didalamnya,” ucapnya.

(Anggota DPR RI, Ir Hugua bersama Dosen Politik UHO, Najib Husain saat melakukan sosialisasi 4 Pilar kebangsaan ke kaum milenial)
(Anggota DPR RI, Ir Hugua bersama Dosen Politik UHO, Najib Husain saat melakukan sosialisasi 4 Pilar kebangsaan ke kaum milenial)

 

Sementara itu, Najib Husain menekankan dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan perlu ada perubahan dalam penyampaiannya kepada masyarakat, mengingat selama terlalu monoton.

“Yang terpenting itu bagaimana 4 Pilar Kebangsaan itu bisa terpatri dan masuk dalam nilai-nilai kepribadian dari bangsa dan masyarakat Indonesia, sehingga metode dan caranya perlu diperbaiki dengan menyesuaikan dengan perkembangan zaman hari. Salah satunya yang perlu mendapatkan sosialisasi itu adalah kelompok milenial seperti yang hadir hari ini yang usianya masih 20 sampai 25 tahun masih panjang masanya untuk menyebarkan pengetahuan mereka tentang 4 pilar kebangsaan ini,” terangnya.

Apalagi, menurutnya, jika sosialisasi 4 pilar kebangsaan difokuskan ke generasi tua efeknya tidak akan besar, sehingga dengan adanya anggota DPR bisa memberikan peranan penting menguatkan 4 pilar ditengah-tengah masyarakat.

“Yang penting juga dalam menghadapi era 4.0 saat ini ialah ketahanan keluarga sangat dibutuhkan sekali, bagaimana keluarga memberikan pemahaman ke anak-anaknya tentang pentingnya 4 pilar, karena tidak ada artinya kita melakukan sosialisasi kalau tidak ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.


Laporan : IJ

€sl Promotion

€sl Promotion