Jum. Agu 14th, 2020

H-1 Lebaran Idul Adha, Kondisi di Pelabuhan Nusantara Kendari Terpantau Padat

1 min read
img_20200731_144022

SULTRALINE.ID, KENDARI – Menjelang h-1 lebaran idul adha arus balik penumpang mengalami peningkatan. Hal ini terlihat di pelabuhan nusantara kendari pada tanggal 30 Juli 2020. Pelabuhan yang melayani penyeberangan dua daerah yakni Kabupaten Muna dan Kota Bau-Bau ini terpantau dipadati penumpang yang ingin berlebaran di kampung halamannya masing-masing.

Setelah diberlakukannya kebijakan new normal oleh pemerintah pusat, menjelang idul adha kali ini terjadi perubahan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan arus balik yang terjadi pada saat lebaran idul fitri yang lalu.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh salah satu petugas syahbandar pelabuhan nusantara Kendari Rudy yang mengatakan dalam dua hari ini terjadi perubahan jumlah penumpang, kendati perubahan ini tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

“Ya dalam dua hari ini terjadi perubahan jumlah penumpang di pelabuhan ini, berbeda dengan idul fitri yang lalu penumpang saat ini lebih banyak,” tuturnya.

Rudy juga menambahkan kapal yang beroperasi hanya satu unit sehingga mengakibatkan banyak penumpang yang tidak bisa masuk dalam kapal karena jumlah kursi yang tersedia tidak cukup untuk menampung penumpang yang begitu banyak.

“Ini saja sudah desak-desakan, kapal yang beroperasi hanya satu jadi tidak bisa mengangkut semuanya jadi penumpang yang tidak bisa berangkat menggunakan kapal cepat kami arahkan untuk berangkat menggunakan kapal malam yang ada di pelabuhan kapal wanci,” tukasnya.

Dalam situasi new normal ini protokol kesehatan di pelabuhan Nusantara Kendari tetap diberlakukan seperti biasanya. Calon penumpang yang tidak menggunakan masker di larang untuk masuk dalam pelabuhan kendati sudah membeli tiket. Selanjutnya para calon penumpang yang tidak menggunakan masker diarahkan oleh pihak kepolisian yang berjaga di pelabuhan tersebut untuk terlebih dahulu membeli masker sebelum memasuki pelabuhan.

Laporan : Yudin

5 thoughts on “H-1 Lebaran Idul Adha, Kondisi di Pelabuhan Nusantara Kendari Terpantau Padat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *