Sab. Jun 19th, 2021

Dosen USN Kolaka Ikut Berpartisipasi Peringatan Coral Triangel Day bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan di Bokori

1 min read
img-20210609-wa0020

SULTRALINE.ID, KENDARI – Memperingati Coral Triangel (CT) Day yang jatuh 9 Juni, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar bersama stakeholder terkait menginisiasi Coral Stock Center (CSC) di perairan Pulau Bokori, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya telah diketahui bersama bahwa tanggal 9 Juni diperingati bersama sebagai CT Day. CT Day merupakan kegiatan bersama yang diperingati setiap tanggal 9 Juni oleh semua negara anggota CTI yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Timur, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain DKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Dinas Perikanan Konawe, BKSDA Sulawesi Tenggara, PPS Kendari, SKPIM Kendari, PSDKP Kendari, AKKISTRA, USN Kolaka, Kelompok Bajo Bangkit, Sultra Ecodiver, Mari Tebari Kolaka, Yayasan Bahari, PDC, SDC, dan KSC.

Dosen Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, Arif Prasetya, S.Pi., M.Si dan Ld. Abdul Fajar Hasidu, S.Si., M.Si mengatakan bahwa bahwa Total rak transplantasi yang berhasil diturunkan sebanyak 60 rak, terdiri dari 40 rak pipa PVC, 10 rak besi, dan 10 rak jenis jaring laba-laba. Untuk tahap awal ini tak kurang dari 1.000 fragmen karang ditransplantasikan. Fragmen karang tersebut terdiri dari 18 spesies dimana untuk Acropora sp. dan bambu laut berasal dari pengambilan dari alam perairan Pulau Bokori, sedangkan 16 spesies lainnya merupakan dukungan dari AKKISTRA dengan total 631 fragmen.

“Coral Stock Center (CSC) Bokori ini dibangun sebagai sumber penyediaan bibit karang untuk kegiatan transplantasi dan rehabilitasi karang disekitarnya serta sebagai pusat studi dan pembelajaran rehabilitasi terumbu karang sekaligus menjadi objek ekowisata bahari,” ungkapnya, Rabu (09/06/2021)

(Suasana Peringatan Coral Triangel di Pulau Bokori, Konawe Sultra)
(Suasana Peringatan Coral Triangel di Pulau Bokori, Konawe Sultra)

Menurutnya, Dosen USN Kolaka terus membangun relasi dan sinergisitas antara instansi pemerintahan lainnya dalam rangka bekerjasama untuk mendukung program Kampus Merdeka.

“Khususnya untuk hari ini diharapkan mahasiswa perikanan dan kelautan nantinya mampu mengikuti isu-isu dan perkembangan kelautan perikanan saat ini dan mampu bekerjasama bersama instansi dan industri di bidang kelautan perikanan,” tutupnya.


Laporan : TIM

€sl Promotion

€sl Promotion