Jum. Sep 18th, 2020

Bimtek Menggunakan Aplikasi ArcGIS 10 Pada Akuakultur Untuk Peningkatan Keahlian Mahasiswa Perikanan USN Kolaka

1 min read
img_20200910_110035_255

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Akhir agustus tahun 2020, Prodi Ilmu Perikanan FPPP USN Kolaka melalui Habituasi Peserta LATSAR CPNS GOL III Tahun 2020 menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk Peningkatan Keahlian Mahasiswa Dalam Menganalisis Kesesuaian Lokasi Budidaya Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii) dan Budidaya Tambak Udang (Litopenaeus vannamei) Menggunakan Aplikasi ArcGIS 10.2.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 6 hari (19, 24-28 Agustus 2020) bertempat di kampus baru Gedung FPPP USN Kolaka, Kecamatan Tanggetada. Peserta training berjumlah 8 orang yang kesemuanya merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Perikanan pada tingkat akhir (Semester 5; 3 orang dan semester 7 ;5 orang). Bimtek dilaksanakan secara bertahap untuk beberapa topik dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan, Pokok materi yang diberikan dalam kegiatan Bimtek yakni Pengenalan lokasi budidaya rumput laut K alvarezii, budidaya tambak udang L. vannamei, . Teknik pengambilan sampel air dan tanah, Penyimpanan data (MS. Excel), Pengenalan ArcGIS 10.2, Analisis spasial (Inverse Distance Weighted (IDW)). Instruktur pada kegiatan ini adalah Arman Pariakan, S.Pi., M.Si, merupakan dosen pada Prodi Ilmu Perikanan.

(suasana Bimtek)
(suasana Bimtek)

Ketua Program Studi Ilmu Perikanan FPPP USN Ibu Asni, S.Pi., M.Si mengatakan, sangat menyetujui kegiatan ini, karena pentingnya mahasiswa mendapatkan keterampilan berbasis teknologi sebagai peningkatan kompetensi yang sudah dimilikinya.

Peserta Bimtek mengaku puas dengan kegiatan yang diselenggarakan karena berkaitan dengan statusnya sebagai mahasiswa dan usaha yang dirintis pada bidang perikanan budidaya, terutama dalam mengetahui nilai parameter lingkungan pada lokasi budidaya mengunakan aplikasi ArcGIS. (adm)