Sab. Jun 19th, 2021

Berbagi Kebaikan di Malam Takbiran, Pemuda Kampoeng Metal, Remas Sakuli bersama Aink dan Sedekah 30 Bagikan Paket Sembako ke Warga Kurang Mampu

1 min read
img-20210512-wa0052

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Pelaksanaan kegiatan malam takbiran dari tahun ke tahun selalu dilaksanakan secara semarak, antara lain dilakukan dengan takbiran keliling menggunakan kendaraan bermotor ataupun memukul bedug dari pagi dan selama malam takbiran. Namun untuk tahun tidak dilakukan mengingat kondisi masih Pandemi Covid-19 yang melanda secara global termasuk di Indonesia.

Namun dalam kondisi tersebut tak menyurat masyarakat muslim meraih kemenangan dengan berbagai kebaikan kepada sesamanya. Seperti yang ditunjukkan para Pemuda Sakuli Kampoeng Metal, Ikatan Remaja Masjid Sakuli, Warkop Aink dan Sedekah 30 yang berkolaborasi memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang kurang mampu.

Terlebih program tahunan ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu khususnya yang berada di sekitaran wilayah Kelurahan Sakuli, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

“Kita tahu bersama pada di era modernisasi saat ini masyarakat cenderung individualis, tidak peduli, apatis, cuek, masa bodoh, dan menjadi kaum rebahan. Alhamdulilah kami di Sakuli tidak melakukan hal seperti itu karena kami sadar bahwa kita harus tetap lebih solid peduli dan ikut berbagi di malam takbiran meskipun masih dalam situasi Covid-19,” Ungkap Abhy Mubarak selaku perwakilan dari Pemuda Sakuli, Rabu (12/5/2021).

“Namun begitu tidak menyurutkan niat kami untuk berbagi kebaikan di malam kemenangan, setelah sebulan penuh kita berpuasa kita menahan lapar dan haus,” lanjutnya.

img-20210512-wa0053

 

Sementara itu, Moel Blacker mengatakan pengalaman dari tahun ketahun membuat pihaknya di kagumi dari orang-orang luar karena mereka yang masih tetap berbagi kebaikan di malam takbiran.

“Bagaimana tidak cuman satu-satunya di Sulawesi Tenggara, bahkan mungkin di indonesia yang tetap konsisten tiap tahun memberikan bantuan sembako kepada masyarakat di sekitaran Sakuli, Kita mengutip dari hadist dari Rasulullah SAW ia bersabda, ‘Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya.’ (HR Bukhari-Muslim). “Dan berbuat baiklah kepada tetanggamu, niscaya engkau menjadi seorang Muslim.” (HR Ibnu Majah),” urainya.

Di tempat terpisah Aink dan Buyung Saputra menuturkan harapannya ialah tentunya bisa membantu saudara-saudara yang masih kekurangan yang betul-betul membutuhkan seperti janda, orang tua yang sudah tidak mempunyai penghasilan tetap mungkin dalam 1 bulan pendapatan di bawah rata-rata.

“Selain itu juga memaknai malam 1 Syawal atau yang lebih di kenal malam takbiran malam kemenangan yang penuh rahmat ini kami membuat dengan berbagi sembako membantu tetangga yang kurang mampu,” tuturnya.

Perlu di ketahui paket sembako yang dibagikan berjumlah 76 paket. Dengan sumber pendanaan murni uang hasil patungan dari teman-teman Pemuda di lingkup Kelurahan Sakuli.

“Kalaupun ada yang sudah kerja di luar daerah namun masih warga Sakuli tetap kami meminta minta sumbangsihnya untuk sama-sama berbagi,” cetusnya.

Selain itu, Tokoh Pemuda seperti Abd. Schalam, Tasmil dan juga teman-teman Pemuda lainnya menghimbau agar sama-sama menjadi pahlawan bagi lingkungan sekitar dengan tetap kompak dalam hal ibadah dan berbagi kebaikan.

“Karena tidak afdol rasanya kalau kita merayakan kemenangan setelah berpuasa selama 1 bulan kalau tidak berbagi sembako kepada yang membutuhkan di sekitar kita dan ini sudah menjadi tradisi atau sudah membudaya dari tahun 2009 sampai hari ini. Kami berharap bahwa kedepannya lebih banyak lagi dari tahun ini. Kekurangan kami cuman tidak ada donatur besar tapi kami tetap bangga karena teman-teman masih tetap kompak sampai hari ini,” papar mereka.

Tak lupa mereka ucapkan terima kepada yang telah terlibat dan ikut membantu dalam kegiatan berbagi kali ini.

“Sebagai penutup agenda kami ini kami ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman yang telah mau menyumbangkan dananya untuk berbagi sembako di malam takbiran serta terima kasih juga kepada bhabinkamtibmas bapak Surdin atas partisipasinya dan bimbingannya serta himbauannya dalam menyalurkan bantuan sembako,” tutup mereka.

€sl Promotion

€sl Promotion