Sab. Jun 19th, 2021

Dr La Ode Haji Polondu Jadi Imam dan Khotib Idul Fitri 1442 H di Musholla BLK Kendari

1 min read
img-20210514-wa0017

SULTRALINE.ID, KENDARI – Mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Keluarga Besar Balai Latihan Kerja Kendari laksanakan Sholat Idul Fitri di Musholla Al Hidayah BLK Kendari, Kamis (13/5).

Dijelaskan, Humas BLK Kendari, Syahrul, pada proses itu, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu bertindak sebagai Imam Sholat sekaligus Khatib dikarenakan tidak adanya tokoh agama dan cendikiawan yang memiliki waktu luang untuk bisa hadir di Mushola BLK Kendari.

“Kami sudah meminta beberapa tokoh agama dan cendikiawan untuk bisa hadir bersama kami, namun mereka telah memiliki jadwal,” katanya ketika ditemui wartawan media ini di kediamannya, Jumat (14/5).

Ia menjelaskan, tema khutbah yang dibawakannya ketika menjadi khatib adalah tentang Makna Idul Fitri. Tema itu diambil untuk memberikan semangat kepada seluruh Keluarga Besar BLK Kendari agar senantiasa menjalin hubungan silaturahim yang baik.

“Ada beberapa hal penting yang bisa kita jadikan pelajaran dari tema itu. Pertama, kembali ke fitrah atau suci atas urusan kita terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan kembali suci atas urusan kita terhadap sesama manusia,” jelasnya.

Jika berhasil menuju kemenangan, lanjut dia, sebagaimana yang diisyaratkan ketika mampu menahan segala larangan dan menambah amalan sunnah di Bulan Ramadhan, maka setiap muslim diampuni segala dosa-dosanya atau kembali suci atas urusannya terhadap tuhannya.

(Para jamaah saat mendengar khutbah Idul Fitri dari Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu)
(Para jamaah saat mendengar khutbah Idul Fitri dari Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu)

 

Kondisi itu, masih kata dia, tidak menjadikan seorang muslim suci atas dosa-dosanya terhadap sesama manusia, karena urusan sesama manusia (hablum minannas) harus diselesaikan sesama manusia. Artinya, berpuasa dan menahan segala larangan serta menjalankan perintah tidak menjadikan kita bebas dari dosa-dosa sesama manusia.

“Alhamdulillah, kita sudah usai dengan Ramadhan dan saya percaya kita telah menjalankan ibadah dengan baik. Untuk itu, kini saatnya kita memperbaiki hubungan kita sesama manusia dengan kembali mengeratkan tali silaturahmi dan saling memaafkan, sehingga kita benar-benar bisa mendapatkan fitrah secara total,” paparnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) juga menegaskan, agar setiap muslim khususnya Keluarga Besar BLK Kendari bisa menjaga dan meningkatkan amalannya seperti ketika beribadah di Bulan Ramadhan.

“Kita harus bisa lebih baik dari hari kemarin agar kita tidak menjadi orang merugi dikemudian hari,” tutupnya.

€sl Promotion

€sl Promotion