Sab. Mei 15th, 2021

Awal Ramadhan, Pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN 2021 di USN Kolaka Berjalan Lancar

1 min read
whatsapp-image-2021-04-14-at-10-40-00

 

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) sudah dimulai sejak kemarin, Senin (12/04/2021). UTBK sendiri merupakan ujian yang digunakan untuk para siswa SMA sederajat yang bertujuan sebagai cara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang mereka inginkan. Dengan ditetapkan jika 1 Ramadan jatuh ditanggal 13 April 2021 membuat pelaksaan UTBK-SBMPTN kali ini berlangsung saat Ramadan atau bulan puasa. Mengikuti ujian disaat bulan Ramadan seperti ini akan membuat pekerjaan dua kali lebih berat.

Seperti yang terlihat pada pelaksanaan UTBK SBMPTN di USN Kolaka, walau ditengah menjalani ibadah puasa para peserta tes begitu semangat mengerjakan soal-soal yang ada. Begitu pula para panitia dan pengawas UTBK SBMPTN di USN Kolaka, yang selalu semangat memantau jalannya tes.

Salah satu peserta dijumpai usai mengikuti tes, Aliyana Putri mengatakan awalnya sangat deg-degan namun karena jauh-jauh hari sudah mempersiapkan semua soal-soal bisa dijawab. Ia juga berharap bisa lulus dan masuk perguruan tinggi negeri yang sesuai pilihannya, dimana ia memilih program studi farmasi dan kesehatan masyarakat (kesmas).

Sementara itu panitia pelaksanaaan tes UTBK SBMPTN USN Kolaka, Muh. Nurtanzil Sutoyo, S.Kom, M.Kom mengatakan waktu tesnya seperti hari pertama yang dimulai sejak pagi sampai sore hari dengan pihaknya menyiapkan tiga ruangan ujian dan semua berjalan lancar.

“Pelaksanaan hari ketiga, alhamdulilah berjalan lancar memang ada tiga orang peserta tidak hadir,” ujarnya,

Ditempat yang sama pengawas ujian, Rosti mengatakan sebelum peserta masuk pihaknya melakukan verifikasi dengan membawa berkas sebagai syarat mengikuti tes seperti Kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2021, Fotocopi ijazah yang telah dilegalisasi untuk angkatan 2019 dan 2020, Atau,surat keterangan kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah, serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, dan pasfoto berwarna terbaru, Identitas diri, SIM/KTP/Kartu pelajar

“Semoga para peserta bisa lulus sesuai pilihannya, dan nantinya yang belum lulus jangan berkecil hati masih ada jalur mandiri yang bisa dicoba kembali,” katanya.

Terlihat pula Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu yang selalu memantau jalannya tes dengan memastikan tidak ada kendala terjadi sehingga pelaksanaannya bisa lancar dan para peserta nyaman mengerjakan soal.

Menurutnya hasil pemantauannya semua berjalan lancar, dan pihaknya menerapkan protocol kesehatan yang ketat kepada para peserta sehingga kesehatan bisa terjaga pula dengan baik,

“Kita berharap sampai akhir tes berjalan lancar, dan kami juga tetap sampaikan kepada peserta jika yang tidak lulus bisa mendaftarkan kembali lewat jalur mandiri,” terangnya.

Selama pelaksanaan tes UTBK SBMPTN 2021 ini prokes ketat diterapkan mengingat masih pandemic, tak tanggung-tanggung pelaksanaan tes di usn kolaka diawasi langsung satgas covid-19 dan ada perawat yang berjaga sebelum memasuki ruangan tes, dimana pihaknya memastikan peserta menggunakan masker medis, kondisi sehat dan suhu badan dibawah 37 derajat celcius, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air di tempat yang telah disediakan. Juga, menunggu di luar gedung ujian sebelum dipersilakan masuk oleh petugas, membasuh tangan dengan hand sanitizer yang diberikan petugas keamanan sebelum memasuki ruang ujian.

“Alhamdulilah semua peserta suhunya normal dan semua memakai masker, jika memakai masker kain kami gantikan dengan memakai masker medis, dan semua berjalan lancar,” terang perawat yang dijumpai


Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion