Sab. Des 5th, 2020

Aliansi Petambak Empang Korban Sutet (APEKS) Gelar Aksi Pasang Spanduk, Protes PT. OSS yang memasang Jaring Kabel Sutet Tanpa Sosialisasi Kepada Pemilik Lahan

1 min read
img-20201122-wa0045

SULTRALINE.ID, KONAWE – Aliansi Petambak Empang Korban Sutet ( APEKS ) Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe Melaksanakan Aksi Pemasangan Spanduk Protes di beberapa Titik Lokasi Pembangunan Jaringan Kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi ( SUTET ).

Hal ini mereka lakukan sebagai Protes Keras dan Keberatan Para Pemilik Lahan atas tidak adanya Itikad Baik dari PT.Obsidian Stainless Steel ( PT.  OSS) dalam menyelesaikan Masalah Tersebut.

Perusahaan Modal Asing Asal China ini di duga melanggar Pasal 8 Ayat 1 a, b,c,d, e dan f Bab IV Pelaksanaan Kegiatan Kompensasi Bagian Ke satu Persiapan Pelaksanaan Kompensasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM No.27 Tahun 2018 tentang Kompensasi atas Tanah,Bangunan, dan atau Tanaman yang berada di Bawah Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik.

Dimana proses pemasangan atau penarikan Jaringan Kabel sutet tanpa terlebih dahulu melaksanakan Sosialisasi Rencana Pembangunan Jaringan Transmisi Tenaga Listrik kepada Masyarakat yang akan di lintasi Jaringan Transmisi Tenaga Listrik.

Hal ini di sampaikan oleh pemilik lahan Yusuf Buhaera yang juga merupakan Juru Bicara Aliansi Petambak Empang Korban Sutet ( APEKS ) Kecamatan Morosi melalui video amatir yang di kirimkan kepada sultraline.id ( Minggu, 22 November 2020 )

“Bahwa Pada tanggal 22 November 2020 ini, kami berada di lokasi tempat pertama kali menemukan adanya penarikan kabel sutet yang di lakukan oleh sekelompok orang yang mengaku dari karyawan PT.OSS, dan persoalan ini sudah pernah di akan pertemuan dengan Mr.Yin pimpinan PT.OSS bersama staf di Hotel Claro pada Tanggal 10 November 2020 akan tetapi belum ada kesepakatan sehingga kami meminta kepada PT.OSS untuk menghentikan sementara Penarikan Kabel sutet sambil menunggu informasi Pertemuan Selanjutnya,” Papar Yusuf Buhaera dalam Videonya.

img-20201122-wa0043

(Spanduk yang dipasang para pemilik lahan)

img-20201122-wa0042

img-20201122-wa0044

Lanjut Yusuf Buhaera menyesalkan dan mengecam Tindakan dari PT.OSS yang tidak mengindahkan permintaan dari para pemilik lahan untuk menghentikan sementara penarikan dan pemasangan kabel sutet sampai ada pertemuan selanjutnya.

“PT.OSS tidak mengindahkan Permintaan kami agar pemasangan dan penarikan kabel Sutet agar di hentikan sementara sampai ada pertemuan selanjutnya guna mencari solusi atas persoalan tersebut ” Kesal Yusuf Buhaera.

Yusuf Buhaera selaku Juru Bicara Aliansi Petambak Empang Korban Sutet juga menyatakan bahwa kami juga sudah melayangkan Surat Somasi pada Tanggal 10 November 2020 tapi sampai saat ini belum ada jawaban dari perusahaan Modal Asing Tersebut.

“Kami juga sudah melayang Surat Somasi pada Tanggal 10 November 2020 tapi sampai saat ini belum ada jawaban dari Manajemen PT.OSS, maka oleh karena itu, maka kami hari ini melakukan Aksi Pemasangan Spanduk Protes Atas Pemasangan Dan Penarikan Kabel Sutet sebagai Bukti Keberatan Pemilik Lahan Yang di lalui Lahannya tanpa sepengetahuan mereka ” Tutup Yusuf Buhaera.


Laporan : Ismar Indarsyah

€sl Promotion

€sl Promotion