Sel. Agu 3rd, 2021

Walikota Kendari Ikuti Rakor Penanganan Covid-19, Ini Arahan Presiden RI

1 min read
fb_img_1626702837832

SULTRALINE.ID, KENDARI – Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, SE., ME bersama Wakil Wali Kota Kendari dr. Hj. Siska Karina Imran, S.KM mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia bersama Presiden RI Joko Widodo beserta Wakil Presiden, para menteri, dan seluruh Kepala Daerah Se-Indonesia yang dilakukan secara Virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting, Senin (19/7/2021).

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menjelaskan beberapa instruksi terkait penanganan Covid-19 di Indonesia, diantaranya meminta kepada seluruh Kepala Daerah agar dapat fokus, bertindak cepat dan tepat serta responsif dalam penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing, memperkuat vaksinasi dan konsisten dalam melaksanakan protokol kesehatan, terutama di pasar, pabrik, dan Mall. Instruksi selanjutnya adalah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait deteksi dini pada saat terpapar Covid-19, penyiapan ruangan isolasi terpusat untuk masyarakat yang positif Covid-19 dengan gejala rendah khususnya di kawasan padat penduduk agar tidak terjadi penyebaran yang cepat, serta percepatan bantuan sosial dan belanja daerah (UMKM, Dana desa, Perlindungan Sosial) yang sangat dinanti oleh masyarakat.

“Kita butuh ketahanan nafas yang panjang, untuk itu saya minta kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota agar terus fokus pada masalah ini baik dalam penanganan Covid-19 maupun ekonomi, saya minta mesin organisasi dijalankan dengan sebaik-baiknya. Itu salah satu kuncinya adalah vaksinasi dan prokes untuk pencegahan harus diperhatikan. Perlu disiplin. Kepemimpinan juga penting, bagaimana mengajak masyarakatnya disiplin sampai ketingkat kelurahan dan desa”, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menghimbau kepada Kepala Daerah agar berkoordinasi dengan kementerian agama setempat, MUI dan ormas Islam terkait pelaksanaan sholat Ied dan pemotongan hewan qurban. “Sesuai pertemuan saya dengan MUI dan ormas Islam, disepakati bahwa untuk wilayah zona merah dan orange sholat id dilaksanakan dirumah dan pemotongan hewan qurban di rumah potong, Sedangkan untuk zona kuning dan hijau mengikuti kebijakan pemda setempat,” tandasnya.

€sl Promotion

€sl Promotion