Sab. Feb 27th, 2021

USN Kolaka Kedatangan Tim Asesor BAN PT Dalam Rangka Lakukan Asesmen Lapangan

1 min read
img_20210125_185743

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka di lakukan assemen lapangan akreditasi institusi oleh empat Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), selama dua hari yakni Senin dan Selasa (25-26) Januari 2021.

Ke empat tim asesor BAN-PT adalah yakni Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, Msc dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Gagoek Hardiman dari Universitas Diponegoro, Dr. Drs. Purhadi, Msc dari Institut Teknologi Sepuluh November dan Siti Fatimah, Spd, Mpd, PhD dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Seluruh civitas USN Kolaka dari Rektor hingga Dekan menyambut ke-empat tamu yang hadir dengan hangat, delegasi asesor BAN-PT menjalankan tugas untuk melakukan penilaian akreditasi kampus USN dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan covid-19.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu saat dijumpai usai menerima tim asesor BAN PT menjelaskan, dalam menghadapi assement dari BAN PT pihaknya sudah jauh-jauh hari menyiapkan segala kelengkapan akreditasi yang dibutuhkan tim asesor BAN PT.

img-20210125-wa0005

Lanjut ia, patut disyukuri juga sesi awal berjalan dengan lancar dan diharapkan bisa terlaksana dengan baik hingga akhir sesi.

Ia menambahkan ada 9 kriteria menjadi acuan tim asesor ban pt diantaranya, visi, misi, tujuan, dan strategi tata pamong, tata kelola, dan kerjasama mahasiswa sumber daya manusia keuangan, sarana dan prasarana pendidikan penelitian pengabdian kepada masyarakat luaran dan capaian tridharma.

“Selain itu ada dua yang telah dituangkan di BAN PT yakni dalam lembar evaluasi diri USN dan tertuang dalam LKPP,” katanya, Senin 25 Januari 2021.

“Kami juga sangat senang dengan masukan dan motivasi yang diberikan tim asesor BAN PT untuk bagaimana pengembangan USN kolaka kedepannya dengan mampu memenuhi misinya di tahun 2039 menjadi salah satu perguruan terbaik di wilayah Asia.

img-20210125-wa0023
Terakhir ia menambahkan ada juga yang dibahas soal kebijakan menteri pendidikan tentang kampus merdeka dan usn kolaka sudah final draf salah satu kampus merdeka bahkan di tahun 2020 kemarin ada dua program studi yang dibentuk menjadi pilot projek yakni prodi pendidikan biologi dan prodi teknik mesin yang semua sudah selesai kurikulumnya.

“Akreditasi perguruan tinggi merupakan proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan. Tujuannya mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi yang didasarkan standar yang ditetapkan. Proses akreditasi dilaksanakan badan akreditasi nasional perguruan tinggi (ban-pt) terhadap semua perguruan tinggi di indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Selain penilaian mutu, proses akreditasi bertujuan untuk mendorong institusi dalam meningkatkan dan mempertahankan mutu yang tinggi

sedangkan hasil akreditasi digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.


Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion