Sab. Des 5th, 2020

Tingkatkan Akreditasi, Prodi Teknik Sipil USN Kolaka Jalani Asesmen Lapangan Secara Daring

1 min read
img-20201019-wa0059

SULTRALINE.ID, KENDARI – Program studi teknik sipil, Fakultas Sains dan Teknologi (F-Sainstek)) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara menjalani asesmen lapangan secara daring dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang akan dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa 19 dan 20 Oktober 2020.

Asesmen kali ini dilakukan secara daring sehubungan dengan masa pandemi covid-19 yang masih melanda. Asesmen secara daring ini tetap mengacu pada pedoman asesmen lapangan sesuai instrumen yang digunakan, yaitu instrumen akreditasi 9 standar versi 4.0 (iapt 4.0). Sebagaimana diatur dalam peraturan BAN-PT nomor 3 tahun 2019. Yang membedakan adalah pada modus asesmennya, seperti proses wawancara, konfirmasi data dan informasi yang dilakukan melalu video conference dengan modality online meeting yang tersedia.

Ketua prodi teknik sipil, Isramyano Yatjong mengatakan asesmen ini sesuai dengan edaran BAN PT yang telah diterima dalam melakukan asesmen selama pandemi covid-19, dengan asesor BAN PT yang terdiri dua orang yakni Prof. Herman Parung dan Dr. Bambang Supriyadi.

“Ini merupakan reakreditasi atau pengajuan ulang akreditasi dimana pihaknya telah mengupload borang (dokumen kelengkapan) dengan menggunakan aplikasi yang ditentukan dengan memakai sembilan kriteria. Dalam asesmen melibatkan berbagai unsur dari pihak fakultas yang diwakili oleh wakil dekan satu, dan wakil dekan dua, kemudian personel yang terlibat ketua prodi dan jajaran lingkup Sainstek, juga melibatkan alumni dan mahasiswa yang kemudian ditutup dengan penandatangan berita acara dengan melibatkan semua unsur yang ada,” paparnya, saat dijumpai usai mengikuti asesmen daring, Senin (19/10/2020).

Ia juga berharap pengajuan akreditasi bisa menghasilkan akreditasi yang baik atau mengalami peningkatan. Terlebih lanjutnya ia, saat Prodi Teknik Sipil terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya.

“Tentunya asesmen nantinya kita berharap hasilnya yang terbaik untuk peningkatan akreditasi. Dan kami selalu berusaha memberikan peningkatan kualitas dan fasilitas guna mendukung kemajuan pendidikan kita,” pungkasnya.

Dari amatan, di hari pertama asesmen ini semua berjalan dengan lancar dimana semua civitas akademika USN khususnya Prodi Teknik Sipil saling bahu-membahu untuk mengikuti asesmen daring tersebut.


Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion