Sab. Mei 15th, 2021

Semarak Ramadhan, Mahasiswa Sabilambo Gelar Lomba Islami

1 min read
img-20210502-wa0021

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Himpunan Mahasiswa Mepokoaso Sabilambo yang lebih di kenal dengan singkatan HIMMS. Kelurahan Sabilambo, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mengadakan Semarak Ramadhan 1442 H (2021 M).

Kegiatan Semarak Ramadhan yang diwarnai berbagai lomba-lomba seperti adzan dan hapalan Surah Pendek tersebut dibuka langsung oleh Kasi Kesos Kelurahan Sabilambo, Ibu Nurmin bertempat di Masjid Babut Taqwa, di Kelurahan Sabilambo, Sabtu 1 Mei 2021.

Hadir dalam acara pembukaan Semarak Ramadhan yakni Imam, Pengurus Pembangunan Mesjid Babut Taqwa dan Tokoh Agama, Ibu-ibu Majelis Ta’alim dan Orang Tua dari Seluruh Peserta Lomba Semarak Ramadhan Lomba Islami Yang di Selenggarakan Pengurus HIMMS.

Dalam sambutannya, Ibu Nurmin yang mewakili Lurah Sabilambo. menyampaikan bahwa pihaknya mendukung acara yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Mepokoaso Sabilambo, tersebut. “karena dengan adanya kegiatan seperti ini generasi muda kita akan melakukan hal-hal yang positif di Bulan Ramadhan ini, dan itu akan menjadi satu nilai ibadah dalam menjalankan ibadah puasa,” ujarnya.

Pengurus Pembangunan Mesjid Babut Taqwa Bapak Hasanudin Yusuf juga memberikan contoh. Misalnya perlombaan Hafalan Surah Pendek dan Lomba Adzan pahalanya itu sangat besar. “Jadi, selain berlomba untuk meraih suatu kemenangan anak-anak juga mendapatkan pahala dari Allah SWT. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini, tambah, tidak hanya dilakukan pada saat Bulan Ramadhan saja, tapi juga pada setiap kesempatan yang ada. Dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa juga dilakukan oleh kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di Kecamatan Kolaka,” tuturnya.

(Suasana Perlombaan)
(Suasana Perlombaan)

 

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Mepokoaso Sabilambo. Muh. Ifadli menyatakan bersyukur atas terselenggaranya Semarak Ramadhan itu.

“Alhamdulillah dimana antusias masyarakat untuk tahun ini mengikutkan anaknya dalam lomba islami ini lebih besar karena kegiatan seperti ini sudah mulai terkikis dengan dampak perkembangan media terhadap anak-anak sehingga lupa dengan kegiatan-kegiatan keagamaan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, juga menjelaskan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Nizar Kurniawan Ramadhan bahwa tujuan dari kegiatan Semarak Ramadhan ini selain untuk mengajarkan generasi muda juga melakukan hal-hal yang positif dalam edukasi keagamaan. “Kegiatan Seperti inilah yang harus di Responsif oleh Pihak Pemerintah setempat agar kelak tak ada lagi anak-anak usia dini yang melarut dalam dunia kejahatan,” ungkap Mahasiswa Fakultas Hukum USN Kolaka ini.

Di tempat acara Semarak Ramadhan ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari. Dengan berbagai kegiatan yang dilombakan sebagaimana berikut ini. 1. Lomba Adzan tingkat SD, SMP;
2. Lomba Hafalan Surah Pendek tingkat SD dan SMP.

“Selain kegiatan Lomba islami, kami juga akan melaksanakan kegiatan sosial dengan berbagi Paket Sembako langsung pada keluarga yang sangat membutuhkan,” lanjutnya.

Dirinya berharap mudah-mudahan kegiatan Semarak Ramadhan ini berjalan dengan baik dan lancar. “Tentunya ini bisa terlaksana apabila adanya kerjasama antara pihak-pihak yang berjiwa sosial dan seluruh warga Kelurahan Sabilambo,” tutupnya.


Laporan : HY

€sl Promotion

€sl Promotion