Sab. Jul 11th, 2020

Permudah Mahasiswa, USN Kolaka Terapkan Kuliah Online Lewat WA dan Bakal Berikan Subsidi Pulsa

1 min read
img_20200610_184540

 

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Semenjak pandemi Virus Corona atau Covid-19, proses perkuliahan di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara dilaksanakan jarak jauh atau online. Langkah ini sesuai anjuran pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.

 
Wakil Rektor bidang akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu menjelaskan, pihaknya kembali memulai kuliah online, setelah dihentikan untuk beberapa saat karena adanya kendala soal jaringan internet yang susah diakses mahasiswa yang berada di desa-desa.

 

“Awalnya kan kami lakukan kuliah online melalui aplikasi zoom namun banyak kendala terutama soal jaringan internet (signal) paket data yang mereka miliki, sekarang kita perlonggar walaupun mungkin kurang efektif tetapi kami lihat akses pemerataan, sehingga saat ini kuliah online nya berbasis WhatsApp (WA) yang kita mulai sejak 8 Juni kemarin,” ungkapnya saat wawancara diruang kerjanya, Rabu (10/6/2020).

 

(Wakil Rektor bidang akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu)
(Wakil Rektor bidang akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu)

 

Lanjut ia, dengan menggunakan Wa dinilai lebih memudahkan mahasiswa, dimana pihaknya mewajibkan pengampu mata kuliah untuk membuat WA grup dengan peserta dosen dan mahasiswa.

 

“Jadi WA grup ini berisikan dosen sebagai admin serta pesertanya berisikan mahasiswa yang menawarkan mata kuliah tersebut, sehingga perkuliahan bisa interaktif kapanpun dan dimana sajak. Tidak harus menunggu online,” katanya.

 

Ia menambahkan, dengan begitu mahasiswa tetap bisa menerima materi yang diberikan dosen pengampu.

 

“Dan proses komunikasi antara dosen dan mahasiswa bisa tetap terlayani kapan saja, sehingga mudahkan mahasiswa, ” tambahnya.

 

Terkait kendala paket data, kata ia, pihaknya tengah mengupayakan subsidi pulsa kepada mahasiswa, yang saat ini prosedurnya tengah dibuat agar bisa segera dinikmati mahasiswa.

 

“Rencananya akan diberikan subsidi berupa pulsa 50 ribu perbulannya, selama dua bulan mengingat perkuliahan menyisakan dua bulan lagi, dan saat ini tengah dirancang SK Rektornya. Kemudian untuk pembagiannya berbasis fakultas dan program studi,” pungkasnya.
Sekedar informasi, saat ini USN Kolaka telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2020 untuk jalur SBMPTN.
Laporan : Sri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *