Jum. Okt 30th, 2020

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 75, Pancana Institut Gelar Kemah Budaya Jaga Kearifan Lokal

1 min read
img-20200817-wa0093

 

SULTRALINE.ID, KENDARI – Tak terasa usia kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sudah memasuki 75 tahun, seluruh masyarakat dari Sabang hingga Merauke, dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote merayakan dengan penuh suka cita mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah bersusah payah merebut dan memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Begitu pula yang dilakukan sekelompok pemuda-pemudi asal Buton Tengah, Sulawesi Tenggara yang tergabung dalam Pancana Institut yang mengucapkan selamat HUT RI yang ke 75 dengan menggunakan kekhasan bahasa daerah Buton Tengah yakni ‘Naewanta Umuhumu Indonesia’. Selain itu dalam rangka memperingati HUT RI Pancana Institut juga menyelenggarakan kemah budaya dengan tema ”Membangun Generasi Pelestari Budaya” yang di adakan di Bukit Alebo, Desa Alebo, Kecamatan Konda, kabupaten Konawe Selatan

(Suasana Kemah Budaya yang diadakan Pancana Institut dalam memperingati HUT RI ke 75 di Bukit Alebo, Konsel)
(Suasana Kemah Budaya yang diadakan Pancana Institut dalam memperingati HUT RI ke 75 di Bukit Alebo, Konsel)

Ketua Umum Pancana Institut, Dina Muslimin Ahi mengatakan, dalam Kemah Budaya tersebut pihaknya melaksanakan 4 jenis kegiatan dalam hal ini, Dialog Lintas Sejarah, Cerita Rakyat, Mimbar Bebas dan Permainan Tradisional. Keempat kegiatan tersebut di kemas dalam bentuk lomba yang diikuti oleh Seluruh anggota Pancana Institut yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 28 orang.
“Sengaja kami menyelenggarakan kemah budaya sebagai bentuk Peringatan HUT RI yang Ke 75, hal ini kami lakukan karena kami sadar bahwa Indonasia dikenal akan kearifan lokalnya dalam hal ini keelokan budayanya menjadi sangat menarik dalam kacamata Dunia dan dipandang sangatlah unik, Untuk itu sebagai kembaga yang orientasi geraknya di bidang kebudayaan, kami mencoba turut merawat dan Juga melesatarikan, hal ini Sebagaimana pula amanat Pasal 32 Ayat ( 1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa budaya patut kemudian untuk tetap terus dimajukan,” ungkap Dina kepada Sultraline melalui via WhatsApp, Senin 17 Agustus 2020.
Ia menambahkan, pihaknya mulai melakukan kegiatan sejak 16 Agustus hingga 17 Agustus 2020 untuk merefleksikan semangat kemerdekaan.

“Tembakan utama kami adalah berangkat dari pada kesadaran generasinya dulu sehingga kami mengusung tema ‘Membangun Generasi Pelestari Budaya’ sebagai tonggak awal kami memajukan . untuk itu nilai-nilai kebudayaan tersebut kami tampilkan dalam bentuk lomba,” tutupnya.

 

(Penyerahan dari kepada peserta Kemah Budaya)
(Penyerahan dari kepada peserta Kemah Budaya)

img-20200817-wa0097
Usai merayakan HUT RI ke 75, pihaknya kemudian memberikan hadiah Buku kepada peserta terbaik atas nama Ade Irma yang diberikan langsung oleh Ketua Dewan Pendiri Nurzalma Alfianti Said S.Pd dan juara 1 lomba Tim Humas Adat yang diberikan oleh Dewan Pakar, bang Mister.

 

 

Laporan : TIM

4 thoughts on “Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 75, Pancana Institut Gelar Kemah Budaya Jaga Kearifan Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *