Jum. Jul 10th, 2020

LTMPT Keluarkan Perubahan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN, USN Kolaka Siap Lakukan Dua Sesi

1 min read
img_20200630_202216

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengeluarkan perubahan pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2020, yang awalnya dijadwalkan dibagi dalam empat sesi berubah menjadi dua sesi.

LTMPT dalam siaran pers mengatakan sejumlah perubahan UTBK terkait dengan kondisi normal baru. Pelaksanaan UTBK juga harus memperhatikan status perkembangan pandemi covid-19 di seluruh pusat utbk ptn dan mendapatkan izin dari satgas covid di masing-masing daerah.

Mendapatkan informasi tersebut pihak Universitas Sembilanbelas November (USN) kolaka langsung menggelar konferensi pers, senin 29 juni 2020.

Kepada awak media, Wakil Rektor satu bidang akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu mengatakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN yang sedianya dilaksanakan per hari sebanyak empat sesi, diubah menjadi dua sesi saja.

“Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran covid-19 dan mengutamakan kesehatan peserta dan penyelenggara,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN masih tetap digelar tanggal 5 – 14 juli 2020 untuk tahap pertama, sementara tahap kedua digelar pada tanggal 20 – 29 juli 2020.

“Dengan adanya perubahan ini, kami meminta maaf kepada seluruh peserta, ini bukan hanya terjadi di USN kolaka tetapi terjadi secara nasional,” katanya.

(siaran pers LTMPT terkait perubahan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN)
(siaran pers LTMPT terkait perubahan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN)

Ia menambahkan mekanisme pelaksanaannya, peserta yang awalnya mendapatkan jadwal sesi ganjil (1 dan 3) mengikuti utbk-sbmptn pada tahap pertama tanggal 5 – 14 juli, sementara peserta yang mendapatkan jadwal sesi genap (2 dan 4) mengikuti utbk-sbmptn pada tahap kedua tanggal 20 – 29 juli.

“Jadi Pelaksanaan UTBK-SBMPTN hanya diagendakan satu tahap, waktu tesnya sesi 1 mulai pukul 09.00 Wita. Sedangkan, sesi 2 mulai pukul 14.00 wita. Jeda waktu yang ada nantinya digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi,” terangnya.

Ia menambahkan pula, untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN, USN Kolaka telah mempersiapkan semuanya, sehingga para peserta diharapkan bisa hadir dalam tes nantinya.

“Dikesempatan ini juga kami menyampaikan bagi yang berada diluar daerah khususnya diluar Sultra agar segera melaporkan ke panitia UTBK-SBMPTN USN, sehingga kami bisa sampaikan ke LTMPT untuk mencarikan alternatif untuk pelaksanaan atau bisa juga bekerjasama dengan sekolah yang memiliki fasilitas yang memadai di daerah tersebut,” pungkasnya.

Laporan : Sri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *