Jum. Okt 30th, 2020

LPM IAIN Kendari Lakukan Deseminasi dan Uji Publik Kurikulum Secara Virtual Zoom

1 min read
img-20201017-wa0008

SULTRALINE.ID, KENDARI – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari selenggarakan Deseminasi dan Uji Publik Pedoman Penyusunan Kurikulum mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, dan Paradigma Transdisipliner, melalui virtual Zoom, pada Senin, 12 Oktober 2020, Kendari, (13/10/2020)

Sebagaimana yang disampaikan dalam pembuka acara, Dr. Ros Mayasari, M.Pd., selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM IAIN Kendari mengungkapkan bahwa tujuan dari terselenggaranya deseminasi dan uji publik pedoman penyusunan kurikulum IAIN Kendari 2020 adalah mendapatkan tanggapan, kritik dan saran perbaikan dari warga kampus IAIN Kendari mengenai kurikulum yang telah di susun oleh pihak LPM.

Dalam kegiatan ini hadir dua pemateri, yaitu pertama Sri Hadijah Arnus, M.Si., selaku Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu LPM IAIN Kendari, dengan materi Pedoman Penyusunan Kurikulum IAIN Kendari Mengacu pada KKNI, SNPT, Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, dan Paradigma Transdisipliner. Pemateri ke dua yaitu Dr. Asliah Zainal, MA. Selaku Ketua LPM IAIN Kendari, dengan materi mengenai Urgensi dan Komponen Kurikulum dan Teknis Terkait Template Kurikulum.

Di tengah kegiatan, turut serta Wakil Rektor (WAREK) 1 bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, MA., untuk memberikan penguatan serta pengantar mengenai pemutakhiran kurikulum IAIN Kendari

“Saya memberikan apresiasi atas keberanian LPM untuk memulai dan mengakomodir seluruh kebijakan nasional dan yang menjadi kebutuhan institusi dalam peralihan status IAIN menjadi UIN” ucap Pak Warek

Selain itu peserta yang bergabung dalam kegiatan Deseminasi dan Uji Publik Pedoman Penyusunan Kurikulum ini meliputi Pimpinan lingkup IAIN Kendari, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Program Studi (KAPRODI), Komite Jaminan Mutu (KJM) Fakultas dan Dosen IAIN Kendari.

Uji Publik pedoman penyusunan kurikulum di era kampus merdeka dilakukan LPM sebagai tahap lanjut dari penyusunan pedoman kurikulum IAIN Kendari. Penyusunan pedoman di lingkup IAIN Kendari merupakan upaya LPM untuk memenuhi standar mutu sebagaimana yang dituntut dalam siklus SPMI

Selaku Ketua LPM, Dr. Asliah Zainal, MA., berharap setiap Program Studi (Prodi) segera mengevaluasi dan merevisi kurikulum dengan mengikuti template pedoman menyusun kurikulum sebagai persyaratakan akreditasi.

“Harapannya agar setiap prodi bisa segera melakukan evaluasi dan revisi kurikulum setelah 4 s/d 5 tahun sebagai prasyarat prodi terakreditasi. Selain itu harapanya semua prodi ketika menyusun kurikulum mengikuti template sebagaimana yang diatur dalam pedoman” Tutup Ibu Asliah.

Laporan : Kina