Sab. Des 5th, 2020

LAT dan PT.VDNI Tandatangani MoU, Ini tanggapan BEM UHO

1 min read
img-20200707-wa0010

SULTRALINE.ID, KENDARI – Beredanya kabar Penandatanganan nota kesepahaman ata MoU antara pihak Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan PT. Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) di beberapa media online di Sultra, membuat banyak publik bertanya-tanya.

Pasalnya, beredarnya berita mengenai Penanda Tanganan MoU tersebut, disinyalir oleh masyarakat Sultra terkesan sangat primordialisme. Yang akan mengakibatkan rusaknya semangat Nasionalisme masyarakat.

Melihat hal itu, Ketua Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) Pandyi Priyono mengungkapkan bahwa, dirinya melihat penandatangan Mou tersebut sebagai upaya positif LAT dan Pihak perusahaan untuk pemberdayaan masyarakat lokal Sultra. Akan Tetapi, Disisi lain ia sangat menyangkan poin poin dalam MoU tersebut, dengan menggunakan pendekatan sukuisme yang terkesan diskriminatif.

“Ada beberapa poin yang saya baca dalam MoU tersebut. contohnya seperti poin pertama tentang pengisian jabatan deputi-deputi harus berasal dari masyarakat Tolaki, berdasarkan rekomendasi DPP LAT Sultra, dengan syarat kapasitas yang dimiliki harus sesuai kebutuhan perusahaan,” Ungkap Pandy Saat di Konfirmasi melalui Via WhatsApp, Senin, 6 Juli 2020.

Pemuda Asal Konawe Kepulauan (Konkep) tersebut, juga mengatakan bahwa pendekatan sukuisme sangat sensitif. jangan sampai menimbulkan hal-hal yang kita tidak inginkan di kondisi saat ini.

“sekalipun di Konawe terkhusus di daerah Morosi tempat perusahaan tersebut mayoritas suku tolaki, akan tetapi ada juga suku-suku lainnya dan mereka juga tentu merasakan hal yang sama disana,” lanjut Pandi.

“Bukannya tidak sepakat soal MoU tersebut. Akan tetapi, akan lebih elok jika menggunakan pendekatan daerah terdampak sebagai prioritas perekrutan tenaga kerja contoh misalkan di prioritaskan di konawe sebagai kabupaten tempat perusahaan tersebut. tentunya, masyarakat di konawe lebih merasakan kehadiran perusahaan PT VDNI, yang jelas skop prioritas secara umum adalah sultra,” tegasnya.

Ia mengharapkan, sekalipun soal MoU tersebut informasinya masih akan ada pertemuan kembali, namun ia berharap LAT dan pihak PT VDNI bisa mempertimbangkan lagi.

Laporan : TIM

1 thought on “LAT dan PT.VDNI Tandatangani MoU, Ini tanggapan BEM UHO

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

€sl Promotion

€sl Promotion