Sel. Agu 3rd, 2021

GEPSIRA Soroti aktivitas PT. WIN di Konsel yang Dinilai Rugikan Warga

1 min read
img-20200726-wa0061

SULTRALINE.ID, KENDARI – Ketua Aliansi Generasi Pemuda Pesisir Sultra (GEPSIRA) Menuntut PT Wijaya Inti Nusantara terkait penambangan tebing curam dan reklamasi di Desa Torobulu kecamatan Laeya Kabupaten konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Minggu, (26/07/2020).

Kesepakatan antara PT. Wijaya Nusantara dengan Plt kepala desa torobulu pada tanggal 15 Juli tahun 2019 lalu itu, memuat terkait penambangan di dekat pemukiman warga yang berdekatan dengan sekolah untuk melakukan penambangan tebing yang curam dan melakukan reklamasi yang bertujuan pemerataan lahan dan kesediaan PT Wijaya Inti Nusantara untuk melakukan perbaikan pagar sekolah dasar (SD).

“Miris!! dalam kesepakatan tersebut tidak adanya pertemuan di balai desa torobulu untuk membahas kesepakatan tersebut, dan ironisnya kondisi dilapangan bukannya pemerataan lahan dan dan perluasan hunian akan tetapi membuat gundukan,” ungkap Muhammad Rinaldi selaku ketua Gepsira.

Ia juga menambahkan, menurut hematnya kenapa kegiatan penambangan PT WIN dekat rumah warga dan sekolah itu terkesan di paksakan hanya persoalan kompensasi yang pada akhirnya melegalkan kegiatan tersebut.

“Pagar sekolah yang dikerjakan sampai hri ini belum ada serah terima secara resmi akan tetapi pagar tersebut sudah retak dan roboh akibat penambangan,” lanjutnya dalam keterangan persnya.

Dalam kesepakatan tersebut di nilai tidak sesuai dengan implementasi lapangan dan sisi lain pemerintah tidak mampu untuk menganggarkan kegiatan tersebut.

“Pada akhirnya masyarakat yang berada di dekat tempat pelaksanaan kegiatan penambangan jadi korban, untuk kepentingan mereka tanpa memikirkan dampaknya bagi masyarakat,” beber pria yang biasa di sapa Rinal itu.

Mereka menuntut Kepala tehnik tambang bertanggung jawab atas persoalan tersebut dan segera mundur dari jabatannya.

“Jika tidak diindakan gelombang kekuatan masa akan hadir, untuk meminta aktifitas pertambangan yang di lakukan PT WIN di berhentikan sementara, sampai persoalan ini selesai,” tutupnya.

Hingga berita ini ditayangkan awak media masih mencoba menghubungi pihak yang dimaksud.

Laporan : Roman

4 thoughts on “GEPSIRA Soroti aktivitas PT. WIN di Konsel yang Dinilai Rugikan Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

€sl Promotion

€sl Promotion