Sab. Mei 15th, 2021

Dukung Kebijakan Kemendikbud, Mohamad Salam: Pilrek UHO Harus Tetap Berjalan

1 min read
(Ketgam: Bakal Calon, Rektor UHO, Dr. H. Mohamad Salam, S.Pd., M.Si)

(Ketgam: Bakal Calon, Rektor UHO, Dr. H. Mohamad Salam, S.Pd., M.Si)

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo (UHO) semakin memanas. Terbaru dengan keluarnya surat rekomendasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam, tentang pencoretan nama Prof. Dr. Muh Zamrun Firihu sebagai bakal calon (Balon) rektor UHO periode 2021-2025, lantaran secara terang benderang melakukan tindakan plagiasi.

Rekomendasi itu, tertuang dalam surat bernomor: 0263/E.E4/KP.07.00/2021 tertanggal 15 April 2021 perihal Tindaklanjut Pengaduan Masyarakat, diteken Dirjen Dikti Kemendikbud, ditujukan kepada Ketua Senat UHO.

Nizam meminta kepada Ketua Senat UHO untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut, meninjau kembali keputusan senat sesuai notula rapat senat UHO pada 21 Maret 2021 dalam rangka penetapan balon rektor UHO.

Serta melakukan penjaringan ulang dan pendalaman balon rektor UHO periode 2021-2025.

Mengamati polemik dan berbagai permasalahan tersebut, terlebih saat ini telah memasuki tahapan verifikasi penetapan Bakal Calon sesuai amanah Pasal 9 dan Pasal 10 Peraturan Senat UHO Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor Universitas Halu Oleo Periode 2021-2025,

Membuat salah satu Bakal Calon, Rektor UHO, Dr. H. Mohamad Salam, S.Pd., M.Si, ikut menanggapi permasalahan tersebut.

Dimana, ia mendukung penuh kebijakan Kemendikbud melalui Dirjen Dikti berkaitan dengan proses pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo Periode 2021-2025.

Dikesempatan itu juga ia mengajak kepada seluruh Sivitas Akademika UHO dan stake holders se Sulawesi Tenggara agar menjaga atmosfir kampus yang kondusif untuk penyelenggaraan kegiatan tridharma perguruan tinggi. “Citra baik dan marwah UHO sebagai Lembaga Ilmiah harus menjadi tujuan kita Bersama,” ujarnya kepada Sultraline, Kamis (22/4/2021).

Ia juga menekankan proses pelaksanaan pemilihan Rektor UHO harus tetap berjalan sesuai dengan aturan dan jadwal yang telah ditetapkan dengan tetap melakukan konsultasi dengan Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Pemilihan rektor harus tetap dilaksanakan, karena ini menyangkut nama baik UHO,” tutupnya.

Laporan : TIM

€sl Promotion

€sl Promotion