Sab. Feb 27th, 2021

Diinisiasi Inspektorat Kota Kendari, Aplikasi Jari Tambah Fitur Permudah Layanan Warga Kota Kendari

1 min read
img-20201230-wa0049

SULTRALINE.ID, KENDARI – Terus mengembangkan inovasi dalam mempermudah sebuah layanan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui aplikasi Jaga Kendari (JARI) hadir dengan 2 fitur layanan.

Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, SE, Ak, M.SA mengatakan, aplikasi JARI kini hadir dengan dua jalur antrian yaitu KTP EL, dan Antrian layanan umum.

“Semua ini kita lakukan menyikapi beberapa kendala yang dialami selama ini dimana menu ambil antrian didominasi oleh pengguna yang ingin mengganti KTP, yang disebabkan rusak, hilang atau perubahan data, sehingga di nomor 2 antrian awal selalu urusan itu yang mmendominasi sementara layanan lain antrian selalu belakangan. Olehnya dibuatlah 2 jalur ini untuk memudahkan dan tertib,”

Selain itu semua urusan tersebut dapat ter-record oleh sistem, sehingga memudahkan bagi pengguna aplikasi termasuk bagi warga yang kebetulan punya urusan lebih dari satu, misalnya mengganti KTP dan mengesahkan KK, atau bahkan mengurus Kartu Identitas Anak dan sebagainya.

Lebih lanjut Inspektur menambahkan, jalur antrian ini dibuat 2, satu untuk KTP El ganti hilang rusak, dan satunya lagi untuk layanan umum yang pada prinsipnya untuk kemudahan masyarakat dalam sebuah layanan.

“Dengan pengembangan JARI kali ini, Semoga makin memudahkan masyarakat dalam berurusan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan pengurusan administrasi di 11 kecamatan dan 65 kelurahan, benar-benar terwujud dalam pemberian layanan administrasi kepada masyarakat Kota Kendari yang tepat waktu serta bebas dari Suap Pungli dan Gratifikasi, yang pada akhirnya terwujud visi Kota Kendari Layak Huni Yang Berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris Disdukcapil Kota Kendari Zulkarnain mengatakan, fitur layanan pada aplikasi JARI dengan dua layanan KTP El dan layanan umum ini memudahkan pihaknya dalam melakukan pelayanan kepada warga.

“Layanan ini cepat, antrian warga menunggu tidak terlalu lama. Sekali panggil melayani sekaligus dua nomor antrian dengan dua jenis layanan,” ungkapnya.

Dia juga berterimakasih kepada Inspektur yang menjadi penginisiasi dan penggagas aplikasi JARI ini demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Wali Kota Kendari atas dukungan dan arahanya kepada kami Disdukcapil dalam melakukan pelayanan kepada warga masyarakat kota Kendari yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Untuk diketahui masa uji coba antrian 2 jalur ini, dimulai Senin – Selasa , 28 hingga 29 Desember 2020 dan selanjutnya akan digunakan seterusnya.


Laporan : Ismar Indarsyah

€sl Promotion

€sl Promotion