Sab. Des 5th, 2020

Buka PKKMB 2020 Secara Daring, Ini Pesan Rektor USN Kolaka Kepada Peserta

1 min read
img_20201021_112652

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Pandemi virus corona berdampak pada segala lini, tak terkecuali kehidupan kampus.

Terkait dengan masa orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) atau sekarang disebut Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKBM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) telah mengeluarkan panduan khusus untuk PKKBM mahasiswa baru tahun 2020 secara daring atau online.

Olehnya itu, Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr Azhari secara resmi membuka PKKMB yang untuk pertama kalinya dilakukan secara daring yang akan dilaksanakan sejak 21 sampai 23 Oktober 2020. Dengan mengusung tema ‘Menjadi Insan Berkarakter dan Berpendidikan Yang Kreatif, Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Merdeka Belajar – Kampus Merdeka’.

Dalam sambutannya, Dr Azhari menyampaikan kepada Maba bahwa ini sejarah untuk kampus USN karena untuk pertama kali melaksanakan Ospek secara daring yang nantinya menjadi cerita tersendiri bagi mahasiswa dalam mengarungi dunia pendidikan di Perguruan Tinggi.

“Selamat datang untuk semuanya, masuknya ananda di USN Kolaka kedepannya bisa merubah diri kita merubah masa depan menjadi orang-orang yang berguna yang dibanggakan keluarga kita, lingkungan kita dan pada akhirnya bangsa dan negara kita Indonesia,” paparnya dengan begitu semangat.

Ia juga menjelaskan bahwa USN Kolaka dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan dan kemajuan guna meningkatkan pendidikan di tanah Mekongga pada umumnya Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, itu semua berkat perjuangan para pendahulu dan pendiri USN Kolaka dengan harapan bisa mendorong kemajuan daerah lewat pendidikan.

“Alhamdulillah fasilitas kita secara keseluruhan sudah memenuhi standar kampus negeri berkat bantuan dari pemerintah pusat dari APBN. Olehnya itu kepada ananda semua tetap berbangga hati bisa kuliah di kampus USN Kolaka dan kuliah lah dengan sungguh-sungguh demi kedua orang tua, dan mampu menjaga nama kampus kita nantinya,” tuturnya.

Usai membawakan sambutan, Dr Azhari kemudian secara simbolis memakaikan almamater merah maron kepada perwakilan mahasiswa baru yang disaksikan seluruh civitas akademika USN Kolaka dan Maba lain yang mengikuti secara daring. Dalam PKKMB dihari pertama ini turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka yang sekaligus membawakan materi kepada Maba 2020.

Ditambahkan pula, Ketua Panitia PKKMB USN Kolaka, Rabia Adawiah mengatakan dari 1398 yang sudah mendaftarkan diri yang mengikuti hanya 961 karena dibatasi dengan kapasitas zoom hanya mampu menampung 1000 orang saja.

“Dengan rincian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 241 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berjumlah 135 mahasiswa, Fakultas Teknologi Informasi sebanyak 156 mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi berjumlah 275 mahasiswa kategori yang terbanyak, kemudian Fakultas Hukum 71 mahasiswa serta Fakultas Pertanian Peternakan dan Perikanan berjumlah 65 mahasiswa,” terangnya.

Untuk diketahui, PKKMB merupakan program yang WAJIB diikuti oleh Seluruh Mahasiswa Baru dan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kelak.


Laporan : Sri

€sl Promotion

€sl Promotion