Jum. Okt 30th, 2020

Adakan Kegiatan Refreshment Auditor Internal IAIN Kendari 2020, LPM IAIN Kendari Terus Berbenah

1 min read
img-20201015-wa0004

SULTRALINE.ID, KENDARI – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyelenggarakan kegiatan Refreshment Auditor Internal IAIN Kendari tahun 2020, kegiatan ini dilaksanakan melalui virtual Zoom, pada hari Selasa hingga Rabu, 13 sampai 14 Oktober 2020, Kendari (14/10/2020).

Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kendari merupakan salah satu organ pengelola institut yang memiliki tugas mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai, dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik di IAIN Kendari, yang terbentuk sejak tahun 2015.

Kali ini LPM IAIN Kendari kembali mengadakan Refreshment Auditor Internal IAIN Kendari 2020 yang berlangsung selama 2 hari. Hadir dalam kegiatan Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., sebagai pemberi sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dengan pemateri 1 yaitu Helmi Yusuf, S.Si.,MSc.Ph.D., selaku Badan Penjamin Mutu Universitas Airlangga, Surabaya, pemateri 2 yaitu Dr. Ros Mayasari, M.Pd., dan Sri Hadijah Arnus, M.Si., selaku narasumber internal dari IAIN Kendari.

Dalam kegiatan ini turut berpartisipasi peserta internal IAIN Kendari yaitu, Ketua Program Studi (KAPRODI), Komite Jaminan Mutu (KJM) Fakultas, serta para auditor internal IAIN Kendari, dan berpartisipasi pula peserta eksternal IAIN Kendari yaitu LPM Universitas Halu Oleo (UHO), LPM Universitas Muhammadiyah Kendari, LPM Universitas Muhammadiya Buton, LPM Mandala Waluya, LPM Universitas Sulawesi Tenggara, dan beberapa badan, lembaga, dan unit pengelola mutu lain baik dari dalam dan luar Sulawesi Tenggara.

Refreshment Auditor Internal IAIN Kendari bertujuan untuk memastikan terselenggaranya siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP), Mengidentifikasi hal-hal apa saja di lingkup IAIN Kendari yang belum sesuai antara perencanaan dan pelaksanaan serta target dengan kata lain yang belum memenuhi standar agar dapat dicarikan solusi perbaikan atau peningkatan mutu, Persiapan pelaksanaan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal) yang dilakukan oleh BAN-PT atau lembaga lain yang berkompeten.

Dalam laporannya, Ketua LPM IAIN Kendari 2020, Dr. Asliah Zainal, MA., mengungkapkan bahwa Kegiatan Refreshment Auditor IAIN Kendari 2020 merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan evaluasi, pengendalian dan peningkatan mutu institusi yang diselenggarakan setiap tahun di lingkup IAIN Kendari.

Sebagai Opening Speak, Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd memberikan apresiasi kepada LPM IAIN Kendari atas kinerja dalam meningkatkan mutu IAIN Kendari.

“Saya memberi apresiasi tak terhingga kepada LPM untuk pembenahan segala apa yang dibutuhkan yang menjadi tupoksi dari LPM” ucap Ibu Rektor.

Membawakan materi tentang Tatakelola Audit Mutu Internal Menuju Era Kampus Merdeka, Helmi Yusuf, S.Si.,MSc.Ph.D., memberikan penjelasan mengenai AMI, meliputi Pengertian AMI, Tujuan dan Manfaat AMI, Istilah dalam AMI, Prinsip Dasar Audit, Klasifikasi Audit, Lingkup (cakupan) Audit, dan terakhir Kesimpulan Audit.

Selaku penyelenggara kegiatan, Ketua LPM IAIN Kendari berharap dengan adanya kegiatan Refreshment Auditor IAIN Kendari 2020 akan tercipta budaya mutu pada civitas akademika IAIN Kendari.

“Harapan saya adalah dengan refreshment auditor dan dilanjutkan dengan Auditor Mutu Internal (AMI) akan tercipta kesadaran mutu pada civitas akademika IAIN Kendari dan pada akhirnya akan tercipta budaya mutu” tutup Dr. Asliah Zainal, MA.


Laporan : Kina