ADVERTORIAL – Pemerintah Kota Kendari dibawah Kepemimpinan Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir terus melakukan terobosan yang baru baik dari segi pembangunan maupun pelayanan terhadap masyarakat. Upaya itu demi menjalankan Visi-misi Kota Kendari dalam Mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni yang berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi
Dengan semangat itu Wali Kota Kendari dan jajarannya menghadirkan aplikasi digital yang terintegrasi yakni New Laika. New Laika merupakan Aplikasi Layanan Publik Integrasi untuk mempermudah pelayanan masyarakat secara digital dengan memanfaatkan teknologi informasi demi mendukung Visi-misi Kota Kendari.
Aplikasi New Laika juga untuk memenuhi amanat dari Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang sistem berbasis elektronik bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan Sesuai instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional yang mewajibkan Kementerian/Lembaga Negara, Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Indonesia.
Peluncuran New Laika dilakukan berbarengan pada saat peringatan puncak Hakordia Tahun 2021 dari Gedung Merah Putih dan di aula integritas Inspektorat Kota Kendari, Kamis 9 Desember 2021.
Peluncuran ditandai dengan pemutaran sebuah lagu yang dibuat Inspektorat Kendari dengan mengubah lirik lagu milik Pas Band. Lagu itu bercerita tentang peluncuran ulang Laika dan bagaimana memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Lagu itu juga menyampaikan bahwa di Laika versi terbaru ini sudah bisa memberikan layanan kecamatan, kelurahan, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, pemadam kebakaran, layanan kebencanaan (BPBD), layanan ambulans Dinas Kesehatan, perizinan hingga cek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Saat ini didalam aplikasi new laika ada juga bisa mengetahui informasi kendari, kemudian ada layanan perizinan DPM-PTSP, layanan DInas lingkungan hidup dan kehutanan, layanan kejaksaan negeri, serta layanan cek vaksin peduli lindungi.
Menurut Sulkarnain Kadir, terobosan untuk menghadirkan aplikasi Kolaborasi New Laika untuk mencegah kerumunan di masa pandemi, program tersebut juga memberikan dampak yang baik kepada masyarakat karena tidak harus lagi bertatap muka untuk melakukan pengurusan Administrasi
“Ada warga yang studi di daerah Jawa, orang tersebut tidak harus pulang untuk mengurus KTP dan KK, tinggal diakses melalui aplikasi New Laika, sehingga tidak perlu lagi keluar biaya besar untuk membeli tiket pulang pergi ke Kota Kendari,” Ungkapnya
Lebih lanjut ketua ISSI Sultra menjelaskan, melalui New Laika organisasi yang dipimpinannya menemukan semangat dan etos kerja yang jauh lebih berkembang.
“Kita menemukan semangat kerja, kita menemukan etos kerja yang sudah jauh berkembang. Dulu kita belum membayangkan bagaimana pelayanan kependudukan di Kendari bisa seperti hari ini,” Tandas Wali Kota.
Sulkarnain juga menyebut, dua atau tiga tahun yang lalu orang masih berpikir jika ingin mengurus KTP ataupun KK maupun surat-surat lainnya harus memiliki kenalan di Disdukcapil.
“Itu yang ada di pikiran kita. Kenapa? karena sistemnya belum terbangun, bahkan orang sudah berpikir mau bayar berapa ini agar bisa selesai satu hari,” tutur Wali Kota menduga-duga.
Budaya mengurus KTP dan KK bisa selesai cepat tanpa harus melalui orang dalam atau kenalan lagi, Setelah dihadirkan aplikasi New Laika yang akses per harinya 600 orang.
“Kemarin ada level-levelnya mau normal tunggu kapan-kapan. Mau selesai satu minggu ada tarifnya, mau selesai tiga hari ada tarifnya mau selesai satu hari juga ada tarifnya. Kan begitu dulu, hari ini tidak lagi. Alhamdulillah orang mau daftar pagi-pagi sekarang bisa melalui New Laika,” jelas Wali Kota.
Wali Kota pun mengaku bahagia atas kinerja jajarannya yang bisa tumbuh dan berubah sehingga dengan demikian mengajarkan masyarakat beradaptasi dengan digitalisasi sesuai kemajuan teknologi informasi saat ini.serta visi-misi Kota Kendari .Diaplikasi New Laika layanan unggulan dan paling banyak diakses tentunya layanan kependudukan sebagai dasar masyarakat dalam melakukan kepengurusan administrasi.
Bagi masyarakat mengakses layanan kependudukan, dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi Laika dari Playstore, selanjutnya wajib membuat akun dengan memasukkan NIK KTP aktif pada kolom yang disediakan.
Selanjutnya, masukkan nomor WhatsApp dan email yang aktif, kemudian membuat password dan klik “Daftar”. Jangan lupa memberi izin file, media serta kamera pada pengaturan handphone.
Untuk memulai pengurusan dokumen kependudukan, silakan memilih menu JARI alias Jaga Kendari, pilih Urus Dokumen Online atau Urus Surat Keterangan Online.
Selanjutnya, silakan pilih jenis layanan. Di mana pelayanan yang disediakan sebanyak 22 layanan di antaranya layanan untuk ganti e-KTP (hilang, rusak, dan perubahan data).
Layanan perekaman e-KTP/PRR, Update/Konsolidasi Data, Akta Kelahiran, Kematian, dan Perceraian, Kartu Keluarga (memperbaharui data, menambah anggota keluarga dan membuat baru).
Kemudian, Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS), pengurusan pindah atau kedatangan antar kabupaten, kota atau provinsi. Selain itu, pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), pengurusan pindah datang Kota Kendari, pengurusan pindah ke luar negeri, pengurusan penerbitan biodata penduduk WNI. Lalu, pengurusan surat keterangan susunan keluarga penduduk non permanen, biodata penduduk WNI non permanen, Suket Tinggal Terbatas bagi WNA (SKTT), penerbitan e-KTP WNA.
Untuk pengurusan pengangkatan anak, pengesahan anak, perubahan nama dan rekomendasi perkawinan.
Setelah memilih layanan, siapkan persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan layanan yang dipilih, kemudian klik “Download Disini”. Isi formulir secara manual kemudian foto dan upload sebagai berkas. Selanjutnya, klik “Buat Permohonan” dan klik “Ya”, jika layanan yang diperlukan telah sesuai.
Jangan lupa upload berkas dan upload berkas persyaratan, mulailah mengupload berkas satu per satu, jangan lupa berikan nama pada masing-masing berkas tersebut.
Setelah semua berkas terupload, selanjutnya klik “Serahkan Semua Berkas” dan klik “Ya”, kemudian tunggu beberapa saat dan berkas Anda dalam proses verifikasi.
Jika selesai Anda akan mendapatkan notifikasi melalui WhatsApp. Masuk kembali ke aplikasi Laika, klik menu “JARI”, klik menu “Surat” dan klik “Download Surat”.
Dokumen yang selesai, dapat didownload di aplikasi Laika dan diprint di rumah tanpa harus ke Kantor Disdukcapil Kendari.
Jika masih kebingungan dan memiliki kendala, Anda bisa mendapatkan pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Kendari dengan terlebih dahulu mengambil nomor antrean secara online.
Untuk pengambilan nomor antrean secara online dapat dilakukan melalui link JARI di https://jari.kendarikota.go.id/home/dukcapil. Sebelumnya, Anda harus melakukan pendaftaran akun dengan mengisi data diri, mulai dari nama sesuai KTP, NIK, nomor WhatsApp, email aktif, membuat username dan password, kemudian klik “Daftar”.
Setelah memiliki akun, Anda bisa memilih menu utama kemudian pilih “Ambil Antrean” pada tombol merah yang tertera di bagian bawah. Kemudian pilih layanan yang disediakan sesuai pelayanan pengurusan dokumen yang dibutuhkan sebagaimana 22 layanan di atas.
Setelah dapat nomor antrean silakan datang ke Kantor Disdukcapil Kota Kendari di Jalan Balai Kota III Nomor 52B, Pondambea, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).
Adapun Syarat dan Ketentuan yakni Bawa KTP Asli/ Fotocopy KK Anda saat mengantre di Disdukcapil Kota Kendari. Petugas akan memanggil Anda tiga kali. Ingat nomor antrean Anda dan tunjukkan KTP/ Fotocopy KK Anda. Nomor antrean Anda akan hangus jika tidak memenuhi panggilan petugas. Anda dapat membuat nomor antrean baru dan menunggu panggilan berikutnya. Pelayanan dibuka dua sesi, sesi I mulai pukul 08.00 – 12.00 Wita, dan pelayanan sesi II mulai pukul 13.00 – 15.00 Wita.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, Iswanto Dongge mengatakan saat ini telah melakukan pelayanan publik secara keseluruhan tanpa tatap muka melalui New Laika. Tujuan pelayanan online Disdukcapil New Laika yaitu untuk mempermudah masyarakat.
“Tujuan pelayanan online Disdukcapil New Laika yaitu untuk mempermudah masyarakat tanpa ada batasan dalam mendapatkan layanan administrasi kependudukan secara cepat, tepat, dimana saja, efesien serta tanpa ribet,”Terang Mantan Sekretaris BKPSDM tersebut.
Sementara untuk capain melalui New Laika, lanjut Iswanto mengatakan, baik itu dikantor induk maupun UPTD yang tersebar dikantor Kecamatan telah berhasil menyelesaikan administrasi kependudukan hingga juni 2022 sebanyak 15 ribu dokumen