Wujudkan Kota Layak Huni, Pemkot Kendari Gelar Musrembang RPJMD 2017 – 2022

47 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SULTRALINE.ID, KENDARI – Guna mewujudkan Kota layak huni Pemerintah Kota Kendari mengelar  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017 – 2022, yang diselenggarakan di Grand Clarion Kendari, Senin (19/3/2018).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Plt Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekretaris dan kasubag perencanaan tiap OPD, Ketua DPRD kota Kendari beserta anggota, Lurah, camat, perbankan, LSM dan Akademisi.

Dalam sambutannya Sulkarnain Kadir mengatakan, RPJMD ini merupakan salah satu proses atau tahapan yang sangat penting dan strategis dalam rangka memperoleh masukkan dari berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan, agar RPJMD yang telah disusun mampu mengakomodir serta mengelaborasi kepentingan kebutuhan stakeholder secara baik dan digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan rencana strategis (Renstra) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) khususnya mengintegrasikan program-program pembangunan pemerintah Kota Kendari.

“Saya berharap ada kontribusi pemikiran dari semua pihak yang sangat membantu dalam penajaman, menyelaraskan isu-isu strategis, serta kebijakan untuk tujuan pembangunan daerah dalam perumusan awal RPJMD 2017 – 2022,” katanya

Lanjut Ia, Maka itu proses penyusunan RPJMD merupakan amanah undang-undang nomor 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional yang berpedoman pada peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Tata cara evaluasi Raperda, RPJMD, RPJPD dan tata cara perubahannya yang menyatakan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang penyusunan nya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kendari tahun 2005-2025,serta memperhatikan RPJMD Nasional dan RPJMD provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Dalam visi pemerintah Kota Kendari dibawah kepemimpinan kamk  adalah mewujudkan Kota Kendari menjadi Kota layak huni yang berbasis ekonomi, intokrasi dan teknologi. Visi tersebut mengerucut pada visi misi yang telah kami sampaikan kepada masyarakat dan stakeholder pada saat kampanye pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2017 lalu,”

“Akan membawa Kota Kendari menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik, nyaman dan damai serta memberikan kesempatan bagi seluruh kegiatan masyarakat secara serasi dengan alam dan lingkungan melalui peraturan uang yang dapat mengintegrasikan fungsi kawasan, perdagangan, jasa dan kawasan permukiman, sistem jaringan jalan dan sistem transportasi. Mengantisipasi resiko bencana dengan tetap memperhatikan air untuk kota melalui pemantapan sarana dan prasarana permukiman yang ramah lingkungan, ” urainya.

Tambah Sulkarnain, selain itu pihaknya juga akan menerapkan sistem teknologi informasi dalam aktifitas pembangunan yang selalu mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat Kota Kendari yang semakin kompleks, agar efektif, efisien dan transparan melalui uraian perintah secara elektronik, serta meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Visi  tersebut perlu kiranya didukung demi membawa Kota Kendari menjadi Kota layak huni yang terdapat tiga misi yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, menata wajah kota Kendari dan lewat pembangunan infrastruktur,” ujar Ketua DPD PKS Kota Kendari ini.

Turut hadir dalam kegiatan itu perwakilan Dirjen bina pembangunan daerah kementerian Bappenas serta direktorat pengembangan wilayah dan kawasan RI, serta Bappeda Sultra.

“Dengan sinkronisasi pembangunan pusat dan daerah diharapkan akselerasi dan pemerataan serta kesinambungan pembangunan dapat berjalan dengan baik, sehingga cita-cita mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dan berkeadilan benar-benar dapat dicapai,” pungkasnya.

Laporan: Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *