Wakatobi Bakal Jadi Pariwisata Kelas Internasional, Ini Dia Daya Tariknya

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Impian Pemerintah Daerah maupun Pemerintah pusat untuk menjadikan Wakatobi sebagai daerah Pariwisata berkelas dunia bukan hanya menjadi isapan jempol belaka. Sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terus menerus mendorong industri pariwisata di Wakatobi agar dapat bersaing di kanca International.

Bukti Keseriusan pemerintah adalah dengan membangun berbagai penunjang pariwisata baik dari segi Sumber daya manusia maupun infrastrukturnya.

“Menetapkan Wakatobi sebagai Salah Satu dari 10 Top Destinasi merupakan langkah tepat untuk mewujudkan impian itu segera terwujud. belum lagi, Pemerintah pusat akan mendatangkan Badan Otorita Pariwisata (BOP) untuk memperbaiki arah pariwisata Wakatobi di masa depan,” terang Asisten Deputi Bidang Komunikasi pemasaran Kementerian Pariwisata, Haryanto dalam sambutannya di kegiatan Wakatobi Wave, Minggu (11/11/2018) lalu.

 

(Ketgam : Keunikan dan Kemeriahan Event Wakatobi Wave 2018 yang mampu menjadi daya tarik masyarakat Indonesia hingga mancanegara)

 

Lalu benarkah Wakatobi mempunyai Keunggulan dan potensi untuk dapat dijual? apa sih yang yang menjadi daya tarik Wakatobi? berikut ulasannya;

Bawah Laut Yang Menawan

Di dalam Peta Indonesia Wakatobi terkenal dengan Kepuluan Tukang Besi. yang terdiri dari 97 % Lautan dan hanya 3% daratan. memiliki biota laut terindah dan terkaya di dunia. memiliki 750 jenis karang dan 942 jenis ikan dengan 90.000 hektar daerah terumbuh karang. Wakatobi juga memiliki atol terpanjang di dunia yakni atol kaledupa dengan panjang 48 Km.

 

Kaya akan Tradisi

Selain terumbu karangnya yang memanjakan mata, Wakatobi juga memiliki berbagai atraksi budaya yang masih terjaga seperti Tradisi Kansoda’a, Tari Lariangi, tamburu liya, dan masih banyak lagi.

Komunitas Bajo

Bermukin dipinggiran pantai serta mencari sumber kehidupan di laut itulah ciri-ciri kehidupan Suku bajo yang tidak akan sulit ditemukan di Wakatobi. Seperti Suku Bajo mola, di Sampela, Lohoa, dan Mantigola.

Situs Sejarah

Bagi Sejarawan yang berkunjung ke Wakatobi tidak akan sulit menemukan situs-situs sejarah seperti benteng Keraton Liya, Benteng Mandati tonga, Masji Agung Bente, Benteng Patua.

Wisata Kuliner

Memiliki keanekaragaman hayati bawah laut membuat Kuliner di Wakatobi cukup banyak dan beragam. banyak kuliner yang akan membuat pemburu cita rasa akan betah berlama lama, belum lagi bahan bahan mentah masih sangat segar. Tidak jarang kita menemukan ikan, kepiting, udang yang masih hidup dijual di pasaran.

itulah sedikit dari dari banyaknya daya tarik yang wajib diketahui wisatawan.

 

Laporan : Samidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.