Ming. Nov 28th, 2021

UHO Siap Implementasikan Permendikbudristek No 30/2021 Tentang PPKS

1 min read
img-20211116-wa0026

SULTRALINE.ID, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mengimplementasikan Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) yang di tandatangani oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim pada Agustus kemarin.

Hal tersebut di sampaikan oleh Rektor UHO, Profesor Muhammad Zamrun Firihu usai hadiri kegiatan di salah satu hotel di Kendari, Selasa (16/11/2021).

Rektor UHO dua periode itu mengatakan, pihaknya akan mengambil sisi positifnya, karena dengan adanya aturan tersebut Universitas mempunyai dasar untuk bisa menanggulangi jika terjadi kekerasan seksual.

“Karena selama ini kan kita tidak ada, tapi untuk pelanggaran kita akan bawa ke kode etik. Tapi kalau sanksi di kode etik itu kan tidak terlalu jelas, akan tetapi dengan permen ini, sudah jelas apa yang akan kita lakukan,” ujar Zamrun.

Dosen Jurusan Fisika, FMIPA UHO itu mengaku, dengan adanya peraturan tersebut pihaknya juga akan membentuk satgas sebagai tim yang akan menilai jika terjadi pelanggaran serupa.

“Selain itu Universitas juga akan membuat semacam badan yang akan menangani itu,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mendapat penjelasan dari kementerian terkait peraturan menteri itu.

“Semua telah di kumpul oleh Mas Menteri dan di perkenalkan mengenai permen ini. Yang jelas ada tindak lanjut dari itu, terlepas dari pro kontra terobosan ini sebuah langkah maju, sehingga kekurangan nya pasti akan di benahi,” tutupnya.

Laporan : IS

€sl Promotion

€sl Promotion