Tingkatkan Wisatawan, Pekan Depan ASITA Sultra Akan Bentuk DPC 17 kabupaten/Kota

38 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SULTRALINE.ID, KENDARI – Potensi wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai dilirik baik wisatawan Lokal maupun Internasional.

Melihat Kondisi tersebut pekan depan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sultra akan membentuk pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 17 kabupaten/Kota. DPC Kabupaten/Kota nantinya akan bersinergis dengan pemerintah guna memberikan kontribusi peningkatan wisata di Sultra.

“Insha Allah 14 februari 2018, kami segenap pengurus DPD ASITA akan melaksanakan rapat kerja daerah (Rakerda) perdana. Yang akan dirangkaikan dengan melantik pelaksana tugas (Plt) DPC 17 Kabupaten/Kota se Sultra,” Ungkap Ketua DPD ASITA Sultra, Rahman Rahim. kepada awak media, Kamis (1/2/2018) malam.

menurutnya, alasan dibentuknya DPC, karena gawai ASITA sangat besar sekali di daerah-daerah. ASITA sendiri membawahi lima item perusahaan diantaranya perusahaan Haji, umrah, tour, dan travel agent atau penjual tiket.

“Makanya itu Kami dari DPD tidak mungkin mengjangkau semua kabupaten/kota, sehingga dengan adanya DPC yang insha Allah kita lantik nanti sebagai karateker, yang kemudian karateker ini balik ke daerahnya masing-masing yang akan melaksanakan musyawarah cabang (Muscab) bersama pemerintah,” tuturnya

Sambung Ia, tujuan DPC ini untuk membangun potensi wisata yang ada di daerah. Karena kemajuan wisata saling berkaintan dengan adanya agent perjalanan wisata (APW). “Adanya ASITA untuk mengaungkan biro Perjalan wisata (BPW) yang gawainya adalah tour atau umrah. Nah melihat potensi kita di Sultra sangat luar biasa destinasi wisata yang ada di kabupaten/kota. Makanya perlu bersama-sama pemerintah untuk saling membahu-bahu mengembangkan wisata kita, kalau kami berjalan sendiri agak susah juga,” terang Rahman

Ditambahkan juga hadirnya DPC akan mempermudah koordinasi dengan DPD untuk akses kegiatan dan regulasi-regulasi dalam meningkatkan wisata.

“setelah terbentuk DPD, Kami akan membuat bimbingan teknis pembuatan paket tour, karena di Sultra masih kurang paham paket pembuatan tour. Yang jelas ketika semua perusahaan sudah mulai berlomba-lomba mempromosikan wisata, Insha Allah kabupaten/kota juga ikut berkembang. Bukan hanya Wakatobi yang menjadi destinasi tapi semua daerah di Sultra memiliki kekayaan wisata yang luar biasa,”pungkasnya

Laporan: Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *