Tiga Lurah Terindikasi Langgar UU ASN, Panwas: Sudah Dilapor ke KASN

SULTRALINE.ID, KENDARI – Tiga Lurah di Kota Kendari terindindikasi melanggar UU ASN tentang netralitas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Indikasi ini berdasarkan pemeriksaan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari.

Ketiga lurah yang diperiksa ini yakni, Lurah Gunung Jati, Lurah Watu-watu dan Punggaloba.

Ketua Panwas Kota Kendari, Sahinuddin menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, Panwas telah melakukan pemeriksaan pada, Kamis (4/1/2018).

“Sudah diperiksa, dan hasil pemeriksaannya sudah dikirim ke Komisi ASN, KemenPAN, serta ke Walikota Kendari,” terang Sahinuddin saat ditemui SULTRALINE.ID, Senin (8/1/2018).

Ia juga menjelaskan, dari pemeriksaan yang dilakukan ditemukan sejumlah pelanggaran, yakni mengenakan atribut tim salah satu calon gubernur, terlibat dalam pemasangan atribut kampanye salah satu pasangan calon gubernur.

“Kami juga menemukan bukti, terlapor pernah mengunggah poster salah satu pasangan calon gubernur di akun media sosial mereka,” ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan surat edaran KemenPAN, dan UU ASN, dengan serangkaian bukti yang ditemukan tersebut sudah dikategorikan pelanggaran bagi ASN.

“Kami masih menunggu rekomendasi dari Komisi ASN, KemenPAN untuk tindak lanjut atas pemeriksaan ini,” pungkasnya.

 

Laporan: Taufik Quraiz Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.