Tak Perlu Khawatir! Selama Libur Lebaran BI Sultra Jamin Ketersediaan Uang Tercukupi


SULTRALINE.ID, KENDARI – Memasuki libur lebaran kebutuhan uang di masyarakat meningkat. Bank Indonesia selaku penyedia uang menjamin ketersediaan uang di mesin ATM tidak akan mengalami kekosongan selama libur lebaran.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Minot Purwahono mengatakan, tidak ada alasan bagi pihak perbankan jika terjadi kekosongan uang kartal. Termasuk pada mesin ATM, karena stok uang dinilai mencukupi.

“Saat ini stok uang kartal yang disiapkan BI Rp 1,4 triliun. Namun yang terdistribusi keluar sebanyak Rp 1,7 miliar. Jadi masyarakat tak perlu khawatir dengan stok uang,”ujar Minot Jumat (08/06/2018).

Menurut Minot, dengan stok Rp 1,4 Triliun yang tersedia yang memang dipersiapkan khusus untuk dua bulan yakni Mei dan Juni. Namun uang yang akan terdistribusi hingga menjelang liburnya perbankan sekitar Rp1,2 triliun, sebab kebutuhan masyarakat meningkat karena pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).

“Kita sudah memperingati pihak perbankan agar memperhatikan, supaya masyarakat tidak kesulitan mendapatkan uang jika dibutuhkan saat libur lebaran,” katanya.

Selain itu katanya, BI juga bersama dengan Perbankan di Sultra telah sukses melakukan penukaran uang bersama pada tanggal 21 Mei hingga 8 Juni 2018 untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat.

“Selain itu, BI Sultra juga telah memenuhi kas-kas titipan yang ada di daerah dan kita juga minta bank juga melalukan monitoring memenuhi mesin ATM-nya masing-masing sehingga kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi,” harapnya.

Tak lupa, Minot juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menukarkan uang di tempat-tempat resmi, baik oleh BI maupun pihak lain yang ditunjuk BI.

“Hati-hati dengan uang palsu (Upal) dengan cara 3D (dilihat, diraba dan diterawang), Kemudian tetap memperlakukan uang dengan baik agar tetap dalam kondisi layak edar,” tegasnya

Diakhir wawancara, Minot juga menyampaikan bahwa Layanan perbankan akan resmi libur mulai tanggal 11 Juni dan akan kembali beroperasi pada Selasa 19 dan 20 Juni 2018 dengan layanan terbatas.

Laporan: Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.