Ming. Nov 28th, 2021

Sejumlah Pemateri Dunia Hadiri Seminar Internasional Fakultas Peternakan UHO

1 min read
img-20211122-wa0020

SULTRALINE.ID, KENDARI – Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (FPt-UHO) sukses menyelenggarakan The 3rd Internasional on Improving Animal Production for Food Security (ITAPS), di salah satu hotel di Kendari, pada Sabtu, 20 November 2021.

Agenda rutin dua tahunan ini diselenggarakan secara hybrid yang berpusat disalah satu hotel di Kota Kendari. ITAPS ke-3 ini mengusung tema “Tropical Livestock Development for Sustainable Food Security in the Global Change”. Bertindak sebagai Keynote speaker yaitu: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, diwakili oleh Ibu Ir. Rara Aisyah Gamawati, M.M. Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diwakili Direktur Kesehatan Hewan Ibu Dr. drh. Nuryani Zainuddin, M.Si. dan dibuka langsung Rektor Universitas Halu Oleo Bapak Prof. Dr. Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc.

Rektor UHO, dalam kesempatan  menyampaikan bahwa sektor peternakan memiliki peran besar dalam mendukung ketahanan pangan berbasis hewani.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga menuntut pembenahan sektor peternakan itu sendiri agar dapat menghasilkan produktivitas peternakan yang optimal, khususnya di Sulawesi Tenggara.

Seminar Internasional ini menjadi sarana komunikasi para peneliti, selain melalui artikel yang diterbitkan pada jurnal ilmiah. Pada kesempatan ini juga bertindak sebagai invite speaker Prof. Tetsuo Kunieda (Okayama University of Science, Jepang), Prof. James Drouillard (Kansas State University, USA), Prof. M. Riaz Virk (University of Agriculture Faisalabad, Pakistan), Yuanyu Lin, Ph.D (National Taiwan University, Taiwan), Prof. Dr. Ir. James Hellyward, M.S., IPU, ASEAN.Eng (Universitas Andalas, Indonesia), Dr.Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr. (IPB University, Indonesia), Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt., M.P. (Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia), dan Prof. Dr. Ir. Harapin Hafid, M.Si. (Universitas Halu Oleo, Indonesia).

(Jalannya Seminar Internasional yang diadakan Fakultas Peternakan UHO)
(Jalannya Seminar Internasional yang diadakan Fakultas Peternakan UHO)

Selain itu peserta pembicara parallel session sebanyak 90 pembicara dari 42 institusi. Artikel yang dipresentasikan akan dipublikasikan dalam Atlantis Press Proceeding Series: Advances in Biological Science Research, merupakan prosiding internasional bereputasi yang terindeks Web of Science.

Peserta yang hadir secara daring lebih 200 orang dan peserta secara luring lebih 100 orang. Walau masih dalam situasi pandemi, tetapi antusiasme peserta sangat luar biasa baik sebagai pembicara maupun pendengarnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Widhi Kurniawan, S.Pt., M,Si., menyampaikan bahwa penulisan karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian terkini sangat penting dalam mendukung pengembangan sektor peternakan. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk mendukung kebutuhan publikasi dosen atau peneliti tetapi juga untuk berbagi hasil penelitian terbaru kepada masyarakat umum khususnya komunitas peternakan.

“Selaku Ketua Panitia tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas terselenggaranya seminar internasional, yaitu kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rektor Universitas Halu Oleo, Pimpinan Fakultas Peternakan, Dosen dan Tenaga Kependidikan, seluruh panitia, mahasiswa, serta sponsor,” tutupnya.

Laporan : Jamal

 

€sl Promotion

€sl Promotion