Sejak Semalam Listrik Padam, Ini Penjelasan PLN Area Kendari

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemadam Listrik yang terjadi sejak tadi malam hingga siang waktu setempat. Banyak dikeluhkan masyarakat. Pasalnya dalam Waktu sehari pemadaman terjadi sebanyak empat kali dan berlangsung lama.

Salah satu Warganet, Yuli (31) mengatakan, merasa dirugikan atas seringnya padam. “Ini kita mau beraktifitas tidak bisa mi gara-gara lampu mati, dari tadi malam. Mana mau memasak, mencuci akhirnya tidak bisa. Yang parahnya lagi tiga kali terjadi, ” Terangnya dengan agak sedikit marah, Selasa (9/1/2018)

Olehnya itu Sultraline.id mencoba mengkonfirmasi langsung penyebab padamnya listrik ke PLN area Kendari. Melalui Asisten Manajer Jaringan PLN Area Kendari, Ruslan menjelaskan bahwa telah terjadi gangguan jaringan yang cukup besar, sehingga pemadaman meluas. Tim teknisi saat ini tengah melakukan upaya perbaikan guna menormalkan kembali.

Menurutnya, Padamnya listrik ini bukan disengaja atau dilakukan pemadaman. Akan tetapi terjadi masalah yang cukup besar pada jaringan induk. Sehingga tidak bisa memprediksi sampai kapan akan padam, Yang jelas berpotensi akan terus padam. Jadi masyarakat bisa bersabar.

“Listrik padam terjadi sekitar pukul 22.00 Wita. Sempat menyala namun terjadi tiga kali padam tadi malam. Listrik kembali menyala menjelang pagi. Namun sekitar pukul 08.30 Wita listrik kembali padam lagi. Ini artinya belum bisa dibangkitkan secara langsung, yang tentunya kami tetap berusaha, ” Jelasnya, Selasa (9/1/2018)

Pihaknya terus melakukan upaya penyalaan kembali secara bertahap. Namun masih sementara mengatur agar bisa pulih  secepatnya.

“Namanya sesuatu yang bukan direncanakan jadi kita tidak tau sampai kapan. Bukan pengatuh mesin. Karena Bukan hanya dalam Kota Kendari yang padam, akan tetapi mulai daro kendari sampai Konawe (Unaaha Ladongi, Raterate), kemudian Konawe Utara sampai Konawe Selatan (Konda, Andoolo, Tinanggea, Asera), ” paparnya

Ruslan juga menuturkan pusat gangguan belum diketahui secara pasti. Tim tehnisi sedang melakukan pengecekan sistem yang mana saja yang bermasalah. Jadi jangan heran kalau masih belum stabil menyala.

“Biasanya gangguan seperti ini tidak bisa dinormalkan sekaligus. Sebab gangguan sistemnya terjadi secara meluas sehingga untuk membangkitkan kembali harus butuh waktu. Semua bertahap, insha Allah sudah diatas 60 persen penyelaannya untuk mengkaver semua tapi kita utamakan dulu dalam kota,” bebernya.

Dia menambahkan, kerusakan tidak perlu dikhawatirkan karena tim sudah bekerja memperbaiki kerusakan jaringan tersebut. Namun harus dilakukan secara bertahap karena masalah seperti ini baru jarang terjadi.

“Kalau biasanya kan terjadi secara bergiliran atau wilayahlah tertentu saja. Ini secara meluas padam bersamaan. Jadi untuk membangkitkan kembali harus bertahap. Jadi kita tunggu saja ya, gak lama kok. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami tau listrik merupakan kebutuhan utama tapi ini buka unsur kesengajaan. Semoga secepatnya bisa kembali normal,”Pungkasnya

Laporan :Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.