Ribuan Masyarakat Saksikan Wakatobi Wave 2018, Begini Kemeriahannya

 

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Ribuan masyarakat di Pulau Wangi-wangi menyaksikan Wakatobi Wonderful and Expo (Wave) 2018 yang baru saja dibuka di Lapangan Merdeka, Kecamatan Wangi-wangi, siang tadi, Minggu (11/112018).

Berbagai pertunjukan karnaval di tampilkan. Ada Karnaval Tamburu Liya, Karnaval budaya Wangi-wangi, Karnava budaya kaledupa, Tomia dan Binongko.

Setiap Karnaval yang ditampilkan, pasti memanjakan mata penonton. Betapa tidak, pakaian yang digunakan peserta karnaval menampilkan ciri khas wakatobi sebagai daerah yang kaya akan keindahan bawa laut dan kelestarian tradisi.

Antusias untuk turut meramaikan Wakatobi Wave 2018 juga datang dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bahkan hingga anak siswa-siswi siswa SMP dan SMA begitu semangat menyaksikan kegiatan itu.

Pada akhir pertunjukan, 49 Kansoda’a menambah meriahnya acara yang dihelat satu tahun sekali tersebut. Kansoda’a adalah alat untuk proses lemba’a. Lemba’a sendiri merupakan salah satu tahapan dalam proses karia’a (Sunatan) bagi gadis Wakatobi yang akan menginjak usia remaja. Anak gadis akan dipikul oleh para lelaki menggunakan kansoda’a berkeliling kampung.

 

(Ketgam: Kemeriahan Wakatobi Wave 2018 yang mampu menghipnotis ribuan pasang mata masyarakat dan tamu undangan yang hadir).

 

“Ini sekaligus memberikan gambaran dan bukti tingginya semangat dan komitmen serta dukungan positif dari masyarakat Wakatobi untuk ikut mengambil bagian dalam upaya pembangunan kepariwisataan yang telah menjadi arus utama dari pembangunan daerah kabupaten Wakatobi,” kata Bupati Wakatobi, Arhawi saat membawakan sambutannya.

Dalam pembukaan festival tersebut turut hadir perwakilan Menteri Pariwisata melalui Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Haryanto, serta Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, beserta rombongan.

Laporan : Samidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.