October 17, 2019
You can use WP menu builder to build menus

whatsapp-image-2019-10-11-at-09-48-24


SULTRALINE.ID, KENDARI – Gempabumi tektonik mengguncang Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) sekira pukul 10.51 tadi, Jumat (11/10/2019).

 
Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kekuatan gempa bumi berkisar 3,4 Magnitudo dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton Segmen A.

 

 

 

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.75 LS, 122.74 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9.1 km, TimurLaut Raha Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km,” tulis kepala stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia.

 

 

 

Ia mengatakan, guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Raha dan sekitarnya. Namun lanjut ia, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

 

 
“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

 

 
“Pukul 11.38 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.

 

 

 

Laporan : TIM

No Comments