RA Kartini Adalah Wujud Nyata Pejuang Kaum Wanita

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Ormas Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) dalam rangka memperingati hari lahir Kartini yang jatuh pada 21 April 2018. Untuk pertama kalinya Pospera Kabupaten Kolaka ikut menggelorakan hari Kartini sebagai hari lahirnya emansipasi perempuan Indonesia.

Ketua pelaksana kegiatan Kartini’s Day Mardiana Arman, menjelaskan bahwa meskipun daerah yang paling terakhir bergabung dalam organisasi yang merupakan organisasi Nasional, di dalamnya terdapat tokoh-tokoh aktivis 98 dari Nasional hingga daerah juga termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Pelindung Nasional  Pospera. “Meskipun kami baru bergabung tapi kami dengan gerak cepat menyusuaikan dengan daerah-daerah lain yang juga melaksanakan agenda 21 april nanti,” ungkapnya, Senin (16/4/2018).

Menurutnya tujuan menyelenggarakan kegiatan ini untuk lebih menggugah kaum perempuan bahwa saat ini perempuan Kolaka sudah saatnya setara dengan kaum laki laki. “Emansipasi kaum perempuan sudah harus bergerak maju baik di bidang ekonomi, sosial, hukum dan politik. Perempuan yang baik itu adalah perempuan yang tidak lagi harus mengurus hal-hal yang domestik namun saatnya berpikir maju. Perempuan mampu keluar dari ketertindasannya saat perempuan berani berpikir dan bertindak maju kedepan, dengan momentum hari Kartini di Kabupaten Kolaka kami dari Kartini’s Pospera menegaskan bahwa saatnya perempuan bangkit untuk Indonesia,” terangnya.

Kartini’s Pospera Kabupaten Kolaka.

 

 

Dalam kegiatan juga, lanjut Ia  akan ada penandatangan bersama untuk mendukung  Hj. Iriana Jokowi (Istri Jokowi) untuk menjadi ibu Negara  dalam memimpin Indonesia. Kehangatan dan kelembutan ibu Hj. Iriana membuat Kartini Pospera  tidak berpikir panjang untuk terus dan secara bulat mendukung Jokowi untuk dua periode memimpin Indonesia.

“Ibu Hj. Iriana adalah simbol perempuan Indonesia yang kami banggakan. Pada kegiatan nanti kami menghadirkan 2000 perempuan dalam kegiatan karnaval Kartini’s Day dengan menempuh jarak 5 km. Insya Allah akan diikuti oleh seluruhnya perempuan-perempuan Kabupaten kolaka,” papar yang biasa disapa Diana ini.

Ditambahkan, pada 21 April kegiatan ini dimulai pukul 15 00 Wita di Kota Kolaka. Kegiatan ini juga di rangkaikan dengan pemutaran film perjalanan Presiden Jokowi dan film perjuangan Kartini di kantor Pospera.

“Semoga kegiatan kami ini dapat menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Kolaka. kegiatan kami tidak bernuansa politik daerah tapi lebih pada gerakan politik Nasional  yang merupakan agenda tahunan kami, agar kaum perempuan selayaknya di tempatkan pada posisinya dalam Negara yang menjunjung tinggi demokrasi. Stop kekerasan perempuan dan anak, stop eksploitasi perempuan, stop intimidasi perempuan, dan stop diskriminasi kaum perempuan,” pungkasnya.

Laporan: Tim Sultraline.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.