Puluhan Hektare Lahan Taman Nasional Rawa Aopa Terbakar

SULTRALINE.ID, KONSEL – Puluhan hektar Padang Savana di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) terbakar, Kamis (5/12/2016) siang. Akibak kebakaran ini puluhan kendaraan dari Konawe Selatan yang hendak menuju Bombana atau sebaliknya, tidak bisa melewati jalur jalan yang membelah kawasan tersebut karena besarnya kobaran api.

Petugas Kehutanan, Edi Sufandi yang ditemui SULTRALINE.ID ditempat kejadian menjelaskan, kebakaran terjadi sejak pukul 11.00 Wita. Pihaknya belum mengetahui sumber asal titik api yang muncul dan membakar kawasan padang savana di TNRAW ini. Namun diduga, hal ini terjadi akibat ulah oknum.

“Diduga dilakukan oleh orang yang tidak bertangguung jawab,” jelas Edi Sufandi sembari mengawasi proses pemadaman.

Dijelaskannya, untuk memadamkan titik api di kawasan TNRAW yang terbakar tersebut, pihaknya menurunkan sekitar 30 orang petugas tim Mandala Agni atau pemadam kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan lenjutan dari pihak TRNAW dan Kepolisian terkait penyebab terjadinya kebakaran di kawasan padang savana yang menjadi habitat ribu ekor satwa seperti rusa, anoa dan jenis satwa lainnya.

Untuk informasi, peristiwa kebakaran di Padang Savana TNRAW memang kerap terjadi. Tidak hanya tahun ini, tercatat pada September 2014 kebakaran besar juga melanda kawasan ini hingga ribuan hektar.

Laporan: Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.