Polda Sultra dan Komunitas Masyarakat Anti Hoax Gelar Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial

40 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SULTRALINE.ID, KENDARI – Kepolisian daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama komunitas masyarakat anti Hoax Sultra  mengelar sosialisasi  untuk bijak bermedia sosial, yang digelar di Hotel Zenit Kendari, Sabtu 10 Maret 2018.

Tidak bisa dipungkiri berita dan informasi hoax telah menjamur, bahkan parahnya sampai ujran kebencian yang berbau SARA. Tujuan kegiatan ini untuk  bersama-sama meredam berita yang bersifat hoaks, ujaran kebencian dan berbau SARA. Pasalnya berdasarkan data Polda Sultra jumlah kasus berita dan ujaran kebencian sebanyak 50 kasus di sepanjang 2017 lalu.

“Selama ini kita lihat di media sosial lokal terutama facebook, semua memuat hal-hal seperti itu. dengan adanya rekan-rekan netizen yang berkumpul di tempat ini di harapkan bisa membantu meredam hal-hal tersebut, dengan menetralisir komen-komen yang positif, dengan komen yang menyujukan.Dengan kegiatan itu masyarakat khususnya penggiat medsos, apabila ada yang bersifat hoax, teman-teman bisa berbuat dengan tidak menyebarluaskan berita hoaks dengan cara mengingatkan lewat komentar,” ungkap Kasubbid PID Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh.

Menurutnya, penyebaran berita hoaks di medsos disebabkan, karena tidak ketahuan atau rasa sentimen terhadap kelompok atau hal-hal tertentu. Adanya kegiatan komunitas anti hoaks sultra ini, pihak polda Sultra memberikan pembekalan dan tentang penegakan hukum terkait ujaran kebencian.

Sementara itu salah satu peserta mengatakan dengan adanya medsos tidak bisa dipungkiri telah memasuki ruang-ruang pribadi orang, sehingga perlu adanya pembekalan tentang akan hal itu.

”Dengan deklarasi anti hoaks ini salah satu pelajaran bagi kita semua. Dalam bermedia sosial kita bisa memerangi perpecahan bangsa ini karena adanya berita dan informasi hoaks yang dijadikan sebagai alat untuk perpecahan bangsa yang kita cintai ini,” kata Risna.

Dalam kegitan itu turut menghadirkan pemateri dari Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), Direktorat Intelkam (Dirintelkam) dan Dirbinmas Polda Sultra, Kasubbid PID Polda Sultra, Bintibluh Ditbinmas Polda Sultra serta Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra.

Laporan: Parman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *