Sen. Okt 25th, 2021

Persiapan Rampung, DPD KNPI Sultra Siap Laksanakan Rapimda dan Musda ke XV di Kendari

1 min read
img_20211012_000814_288

SULTRALINE.ID, KENDARI – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) versi Haris Pertama semakin mantap melaksanakan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) dan Musyawarah Daerah (Musda) ke XV yang akan digelar di salah satu hotel di Kota Kendari, pada Selasa, 12 Oktober 2021.

Hal itu diungkapkan langsung Ketua Steering Commite (SC) Amin Ngabalin, Kepada awak media, di Media Center KNPI Sultra, Kompleks Senopati Land Kendari, Senin (11/101/2021) malam.

Ia menjelaskan kegiatan akan dimulai sejak pagi yang diawali Rapimda untuk menetapkan beberapa agenda penting terkait waktu dan jadwal pelaksanaan Musda.

“Kedua pembahasan pada Rapimda yaitu berkaitan dengan kepesertaan Musda yang akan dihadiri langsung Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, seluruh pengurus kNPI Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten/Kota se Sultra serta para OKP yang ada,” katanya.

Setelah melakukan Rapimda, kata ia, di hari yang sama juga langsung melaksanakan Musda ke XV dengan agenda utama yakni menetapkan pokok-pokok program kerja organisasi, kemudian mendengar laporan pertanggung jawaban carateker ketua KNPI Sultra.

“Ketiga acara yang paling penting untuk KNPI Sultra yaitu memilih Gubernur Pemuda Sulawesi Tenggara atau Ketua KNPI. Saya yakin dan percaya agenda ini sangat penting untuk kita semua demi keberlangsungkan organisasi KNPI,” ujarnya.

Adik Kandung Ali Mohctar Ngabalin ini menambahkan, sepekan terakhir ini pihaknya telah membuka pendaftaran kepesertaan Musda.

“Sebenarnya kita sudah tutup pendaftaan kepesertaan, namun agenda dan hajatan pemuda secara keseluruhan, sehingga kita memberikan ruang kepada OKP untuk bisa hadir besok melakukan registrasi dan hadir secara fisik pada kegiatan Rapimda,” imbuhnya.

Pihaknya juga telah membuka pendaftaran bakal calon ketua KNPI Sultra sejak tanggal 8 hingga 10 oktober sejauh ini ada empat bakal calon telah mengambil formulir.

“Tapi berdasarkan hasil verifikasi secara keseluruhan dan hasil kerja panitia sampai semalam, ternyata hanya satu yang mengembalikan formulir, dengan begitu besok kita akan sampaikan rekomendasi pada forum Musda berkaitan dengan penetapan steering commite untuk bakal calon Ketua DPD KNPI Sultra untuk ditetapkan sebagai calon,” paparnya.

Pengurus DPP KNPI ini menegaskan, bahwa para bakal calon harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan SC dengan poin utama yakni bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Kedua, sambungnya, mengakui dan patuh terhadap putusan kongres nasional di Bogor.

“Yang Ketiga para bakal calon mengakui bahwa Haris Pertama sebagai Ketua Umum DPP KNPI yang sah, terlegimasi dan hasil kongres yang sah,” bebernya.

“Saya tekankan kembali tidak adalagi KNPI_KNPI yang lain selain hanya satu KNPI Haris Pertama,” tegasnya.

Disinggung soal OKP yang telah mendaftar, menurutnya sejauh ini sudah ada 121 OKP yang kemungkinan akan semakin bertambah sampai acara Rapimda.

“Termasuk DPD KNPI Kabupaten/Kota yang mengakui Haris Pertama sebagai Ketua Umum itu dinyatakan sah mengikuti Musda,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rapimda dan Musda ke XV, Muhammad Husni menegaskan kesiapannya melaksanakan Musda, bahkan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama dipastikan hadir sekaligus membuka kegiatan. “Kami siap 100 Persen,” ujarnya.

Guna memastikan kelancaran dan keamanan Rapimda dan Musda, Kata Husni, panitia tetap patuh berdasarkan prokes serta telah berkoordinasi dengan Aparat Kepolisian.

“Kita sudah menyurat ke satgas Covid-19 Sultra untuk perizinan kegiatan termasuk ke Polres Kendari bahwa panitia siap melaksanakan Musda berdasarkan prokes. Kita juga sudah menyurat mengundang Gubernur Sultra, Wakil Gubernur Sultra, Forkompinda, lembaga vertical seperti Ombudsman untuk sama-sama menyukseskan agenda Musda ini,” pungkas Carateker Ketua DPD KNPI Konawe Utara ini.

Laporan : IJE

€sl Promotion

€sl Promotion