Ming. Nov 28th, 2021

Peringati Hari Pahlawan, Lembaga AP2 Sultra Gelar Upacara, Adakan Lomba Hingga Tabur Bunga di Makam Pahlawan

1 min read
img-20211111-wa0036

SULTRALINE.ID, KENDARI – Memperingati Hari Pahlawan setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”

Dengan semangat itu, Lembaga Aliansi Pemuda dan Pelajar Sulawesi Tenggara (AP2 Sultra) menggelar upacara untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di lapangan depan pintu masuk BTN Kendari Permai, Kecamatan Kambu, Kota Kendari.

Dewan Pembina/Pendiri Lembaga AP2 Sultra, La Ode Hasanuddin Kansi menjelaskan Setelah melakukan upacara peringatan hari pahlawan, di lanjutkan dengan kegiatan lomba makan kerupuk dimana pesertanya adalah siswa-siswi SD dari panti asuhan Qomariah Lepo-lepo yang terbagi menjadi tiga team, dua team laki laki dan satu team perempuan

“Dan pemenang lomba hadiahnya kami berikan Alquran dan pakean muslim putra putri,” ujar Pria yang kerap disapa LHK ini, 11 November 2021.

“Setelah kegiatan lomba selesai, Kami seluruh pengurus AP2 berkunjung dan tabur bunga di makam pahlawan,” tambahnya.

(Pengurus Lembaga AP2 Sultra tabur bunga di makam pahlawan Watubangga, Kota Kendari)
(Pengurus Lembaga AP2 Sultra tabur bunga di makam pahlawan Watubangga, Kota Kendari)

Ia menambahkan, setelah itu, Malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan orasi ilmiah dan pembacaan puisi pahlawan.

Lanjut ia, dengan peringatan hari pahlawan bagaimana memetik nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia tidaklah mudah, sehingga sebagai generasi penerus harus dapat menghargai pahlawan yang telah gugur dalam melindungi bangsa Indonesia.

“Harapan saya kedepan, agar masyarakat Sultra khususnya kaum muda agar benar benar menghargai jasa para pahlawan kita yang mereka sudah korbankan jiwa dan raga mereka untuk memerdekakan bangsa Indonesia yang tercinta ini sebab kita harus bersyukur sudah hidup diatas tanah air yang sudah di merdekakan oleh para pejuang kita,” pungkas Hasan yang dijuluki dikalangan Pemuda sebagai aktivis tanpa gelar ini.

(Kegiatan Lomba Makan Kerupuk)
(Kegiatan Lomba Makan Kerupuk)

img-20211111-wa0031

Sementara itu, Plt Ketua Umum Lembaga AP2 Sultra, Fardin Nage mengatakan masyarakat sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan yang mereka adakan.

Ia menambahkan, ucapan terimakasih kepada semua yang terlibat dan mendukung kegiatan yang mereka lakukan

“Alhamdulillah sejak pagi hingga malam hari kegiatan berjalan lancar dan sukses, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan kami,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga Kota Kendari yang diwakili kepala bidang pendidikan dasar, Lurah Kambu serta guru guru SMA Telkom Kendari, siswa siswi SMA Telkom Kendari, perwakilan siswa siswi SLTP wilayah kecamatan Kambu dan Anduonohu, rekan rekan mahasiswa dari Mandala Waluya Jurusan Kesmas serta seluruh pengurus lembaga AP2 Sultra baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

Laporan : IJ

€sl Promotion

€sl Promotion